5 Manfaat Berolahraga Bersama Keluarga

  • Admin Disdikpora
  • 25 Oktober 2019

Paune, seorang ahli dunia medis menjelaskan bahwa kesehatan adalah kenormalan pada fungsi-fungsi tubuh dalam menjalankan fungsimya tanpa gangguan rasa nyeri atau kegagalan fungsi dalam melakukan aktivitas. Nah agar mendapatkan hidup sehat peran keluarga amat penting untuk membangun jiwa sehat keluarga. Salah satunya melalui berolahraga bersama keluarga. Misalnya dengan mengagendakan setiap akhir pekan. Walaupun hanya sesaat tapi rutin akan amat baik bagi kesehatan raga dan jiwa keluarga. Ternyata berolahraga bersama keluarga mempunyai banyak manfaat. Berikut lima di antaranya:

Pertama, menciptakan kehidupan sehat

Hidup sehat adalah dambaan setiap manusia. Kesehatan lebih mahal dari apa pun. Segudang harta tak akan ada artinya tanpa hidup sehat. Oleh karena itu, membangun keluarga sehat adalah amat penting bagi keluarga. Dengan bersama-sama berolahraga sudah menanamkan pada anak-anak pentingnya berolahraga..

Kedua, menjalin komunikasi

Olahraga bersama menjadi jembatan untuk mengakrabkan keluarga. Saat berolahraga kita bisa bercanda ria, bertukar pikiran, atau saling bercerita tentang kegiatan sehari-hari. Hal ini akan berpengaruh pada keharmonisan keluarga. Hidup sehat dan komunikasi lancar akan menjadikan pada perkembangan jiwa anak. Anak-anak akan menjadi sehat sehingga akan berpengaruh pada prestasi anak..

Ketiga, menghilangkan kejenuhan

Rutinitas yang dilakukan keluarga akan menjadikan kejenuhan yang majemuk. Setiap hari orangtua sudah sibuk dengan pekerjaan. Anak-anak juga sibuk dengan kegiatan sekolah yang menguras tenaga karena berbagai tugas sekolah makin berat. Hampir tiap hari berkutat dengan PR ataupun tugas lain. Hal ini akan menjadikan stres yang berkepanjangan jika tidak dicairkan. Salah satu hal agar kejenuhan bisa hilang adalah dengan olahraga. Dengan olahraga otot-otot dilenturkan, pikiran juga dibuat fresh. Alangkah baiknya olahraga bersama keluarga bisa dilakukan sambil berjalan-jalan di luar rumah..

Keempat, rekreasi murah

Untuk menghilangkan kejenuhan, kita bisa berolahraga bersama keluarga sekaligus kita jadikan sebagai rekreasi. Kita bisa berjalan pagi menyusuri jalan kampung, menyusuri persawahan, atau hadir di arena car free day. Bisa juga sekadar jogging di alun-alun. Asyik bukan? Inilah berolahraga yang bisa menjadi rekreasi murah. Usai rekreasi bisa singgah untuk makan bersama di tempat umum yang sehat tentunya, misal bubur ayam atau ketupat sayur. Murah meriah bersama keluarga akan menjadikan sehat jasmani dan rohani..

Kelima, menjalin kebersaaman

Kebersamaan adalah kunci keluarga sehat. Seperti kita ketahui bahwa keluarga adalah istana paling indah. Seperti lirik dalam lagu Keluarga Cemara, mutiara tiada tara adalah keluarga. Dengan berolahraga akan menjalin kebersamaan makin erat. Cara ini murah dan mudah dilakukan. Kebersamaan akan menjadikan keluarga sejahtera. Dengan berolahraga, jiwa dan raga jadi sehat. Mari berolahraga agar hidup lebih bersemangat menatap masa depan bersama keluarga sehat. (Budiyanti Anggit - Pengajar di SMPN2 Banyubiru, Pengurus Penarawa (Penulis Ambarawa), anggota Komunitas Wadas Kelir,  Penulis buku) .

Sumber: https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=249900662

Share Post :