6 Manfaat Bacakan Cerita untuk Si Kecil

  • Admin Disdikpora
  • 29 Juli 2020
  • Dibaca: 49 Pengunjung

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), arti kata 'cerita' adalah tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal, peristiwa, kejadian, dan sebagainya. Saya sedang suka mempelajari tentang cerita-cerita pendek untuk anak-anak, khususnya cerita fabel.

Anak-anak cenderung lebih menyukai cerita fabel. Cerita yang tokoh-tokohnya adalah binatang, yang mana binatang-binatang tersebut bisa berbicara, mempunyai akal pikiran, serta dapat berlaku dengan karakternya masing-masing.

Cerita fabel biasanya dibuat dan di ceritakan dengan tujuan untuk menyampaikan pesan moral, membentuk kebiasaan-kebiasaan baik atau perilaku sosial yang positif di lingkungan masyarakat.

Secara terperinci, manfaat membacakan cerita untuk anak-anak, adalah sebagai berikut :

1. Membentuk karakter

Dengan dibacakannya cerita-cerita yang baik, anak akan menyerap apa yang telah didengarnya, kemudian mereka meresponnya secara positif. Jadi, kita harus berhati-hati dalam memilih cerita. Karena anak-anak adalah peniru ulung, meraka mencontoh apa saja yang mereka dengar dan apa yang mereka lihat (orang dewasa sebagai modeling ).

2. Meluruskan perilaku menyimpang

Bagi anak-anak yang sering menunjukkan sikap yang kurang baik, bisa distimulasi dengan membacakan cerita. Banyak orang tua yang sudah melakukannya, para tenaga pendidik anak usia dini juga menggunakan cerita-cerita fabel untuk mengatasinya.  Bahkan mereka menciptakan (mengarang) cerita itu sendiri dengan tema yang sesuai dengan tujuan stimulasi.

3. Mengasah kemampuan bahasa anak

Secara tidak langsung, dengan mendengarkan cerita, anak-anak akan melatih kemampuan bahasanya. Dari mendengar itulah, mereka lama-lama jadi tahu arti mengenai banyak kata, dan memperkaya kosa kata mereka. Serta memungkinkan anak-anak untuk berlatih 'bertanya'. Jika dipancing dengan pertanyaan, mereka juga akan belajar 'menjawab'. Dengan kata lain mereka belajar berkomunikasi

4. Melatih kemampuan berpikir (kognitif)

Anak-anak yang telah asyik mendengarkan suatu cerita, berarti mereka telah merespon dan mengembangkan pola pikirnya. Mereka, belajar membedakan karakter (perilaku) baik dan buruk, penyelesaian masalah sederhana, mengembangkan imajinasi mereka, serta menambah pengetahuan dan pengalaman baru.

5. Membangun kedekatan dengan anak

 Jika ingin tetap bisa dekat dengan anak meskipun sebagai orang tua yang sibuk bekerja, rutin membacakan cerita setiap kali anak mau tidur bisa jadi salah satu cara untuk saling mengungkapkan rasa kasih sayang antara orang tua dengan anak.

6. Anti depresan bagi anak

Membacakan cerita di kala anak-anak letih, mampu membangkitkan rasa segar dalam pikirannya. Cerita sangat baik dibacakan saat anak-anak menjelang tidur. Seharian mereka beraktifitas, pasti membuat mereka lelah, karena anak-anak cenderung berperilaku aktif, enerjik. Dan tidak sedikit dari meraka yang akhirnya kelelahan pada malam harinya. Dengan dibacakannya sebuah cerita yang menarik, mereka akan merasa nyaman dan akan mudah tertidur nyenyak.

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari membacakan cerita untuk si kecil. Anda bisa mencobanya, dan rasakan manfaatnya. Anda juga bisa mengarang sebuah cerita sendiri jika mau.

Sumber : https://www.kompasiana.com/desimamaci/5edf1ea0d541df71a66d23d2/manfaat-bacakan-cerita-untuk-si-kecil?page=1

Share Post :