DISDIKPORA BULELENG GELAR RAKORSOS PENUNTASAN BUTA AKSARA

  • Admin Disdikpora
  • 13 Maret 2020
  • Dibaca: 60 Pengunjung

DISDIKPORA BULELENG GELAR RAKORSOS PENUNTASAN BUTA AKSARA
Singaraja, Kamis, 12 Maret 2020|DISDIKTODAY
Pengembangan pendidikan keaksaraan dengan program penuntasan buta aksara tahun 2020 akan segera diluncurkan Disdikpora Kabupaten Buleleng pada awal April mendatang.Terkait hal tersebut kegiatan diawali dengan rapat koordinasi dan sosialisasi terhadap penyelenggara dan penilik se-Kabupaten Buleleng.

Rakorsos dipimpin oleh Kabid Pembinaan PAUD-PNF, Dra. Ni Nengah Pujiani, M.AP didampingi Kasi Kurikulum, Komang Sudarsana, S. Pd dan Ketua Ikatan Penilik Kabupaten Buleleng, kamis, 12 Maret 2020 bertempat di aula Disdikpora.

Pimpinan rapat menyampaikan bahwa penuntasan buta aksara merupakan target RPJMD Kabupaten Buleleng yang sampai saat ini masih menyisakan 869 orang, dan Tahun 2020 ini akan ditangani sebanyak 80 org. Tujuan dari program ini bukan saja menjadikan sasaran melek huruf namun diharapkan mereka akan lebih produktif karna dalam pembelajarannya terintegrasi dengan keterampilan.

Selama 6 bulan kedepan mereka akan ditempa oleh tutor dengan beban belajar 114 jampel/ 60 menit. Pada akhir kegiatan, mereka akan diuji untuk mengetahui siapa yang layak mendapatkan sertifikat SUKMA I (surat keterangan melek aksara) yang artinya jika ingin melanjutkan ke jenjang Kesetaraan Paket A setara SD, mereka bisa ikut tes penempatan pada kelas awal (kelas 1, 2 atau 3).

Selanjutnya, pada akhir maret Disdikpora akan membagikan ATK bagi penyelenggara dan warga belajar. Semoga program ini dapat berjalan dengan hasil terbaik dan membawa manfaat, pungkas Kabid Pujiani mengakhiri arahannya.

Share Post :