KOMPETENSI SAINS NASIONAL TINGKAT SEKOLAH DASAR TAHUN 2020 DIMULAI

  • Admin Disdikpora
  • 13 Maret 2020
  • Dibaca: 72 Pengunjung

KOMPETENSI SAINS NASIONAL TINGKAT SEKOLAH DASAR TAHUN 2020 DIMULAI
Singaraja, Kamis 12 Maret 2020|DISDIKTODAY

Bertempat di SD N 3 Banjar jawa, sebanyak 80 siswa SD dari sembilan kecamatan se-kabupaten Buleleng ikut serta dalam kegiatan Kompetensi Sains Nasional (KSN) tahun 2020.Dilihat dari laporan Kasi Peserta Didik SD, I Nyoman Yasa, S.Pd, MM melaporkan bahwa kegiatan KSN tahun 2020 sebenarnya sama dengan OSN tahun lalu. Sedangkan untuk mapelnya sendiri ada dua mapel yaitu Matematika dan IPA.

Kegiatan Kompeteni Sains Nasional dibuka secara resmi oleh Kabid Pembinaan Sekolah Dasar, I Nyoman Darta, S.Pd, M.Pd mewakili Kadisikpora Buleleng. Dalam pembacaan sambutan dapat dijelaskan bahwa untuk Kegiatan hari ini acuannya adalah sebuah upaya dari Kemdikbud melalui Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah untuk mewujudkan program Nawa Cita dari Presiden Republik Indonesia yang pada intinya untuk peningkatan kualitas SDM dan melakukan revolusi di Bidang sains. Harapannya untuk kegiatan ini anak-anak nantinya bisa bersaing di tingkat Nasional tentu dengan melalui tahap seleksi di tingkat kabupaten dan Provinsi terlebih dahulu.

Selanjutnya, tujuan dari kegiatan pada dasarnya adalah merupakan wadah atau media untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan, kreatifitas dan sportivitas dari peserta didik dan berkelanjutan setiap tahunnya.Kegiatan ini tentu dirasakan sangat bermanfaat bagi proses pembelajaran bagi guru khussunya untuk siswa itu sendiri. Bagi peserta didik manfaatnya adalah adanya daya juang yang tinggi serta menumbuhkan rasa kompetitif dan inovatif sehingga kedepan anak-anak didik bisa bersikap adaktif untuk menghadapi masa depan.

Share Post :