Pentingnya Kemampuan Adaptasi terhadap Tantangan Organisasi

  • Admin Disdikpora
  • 23 Pebruari 2021

#beritakemdikbud

Jakarta, Kemendikbud -- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemendikbud serta perubahannya; mengamanatkan pengintegrasian penanganan urusan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dalam satu Direktorat Jenderal, yaitu Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen. Hal ini berdampak pada pengintegrasian dua UPT di daerah yang membantu melaksanakan tugas operasional bidang PAUD dan Dikdasmen ke dalam satu UPT yang disebut Balai Besar Peningkatan Mutu Pendidikan (BBPMP).
 
”Perubahan dalam organisasi adalah hal biasa. Demikian pula dengan perubahan jabatan merupakan hal yang sangat lumrah dalam organisasi pemerintahan. Hal terpenting untuk kita siapkan adalah kemampuan kita untuk beradaptasi dalam menghadapi segala bentuk perubahan tersebut,” ucap Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumeri pada pelantikan jabatan fungsional Widyaprada pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Analis Kebijakan serta Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) yang digelar secara daring dan luring di Kantor Kemendikbud, Cipete, Jakarta, Kamis (18/2). 
 
Dikatakan Jumeri, Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen berkomitmen mendukung pengembangan karir pegawai dan organisasi di UPT. Salah satunya adalah dengan melantik pejabat fungsional sebagai upaya antisipasi perubahan dan pengembangan organisasi.
 
Lebih lanjut ia menyampaikan, setelah dilantik dalam Jabatan Fungsional Widyaprada Ahli Madya, pejabat yang semula merupakan pejabat struktural Kepala LPMP dan Kepala BPPAUD dan Dikmas, akan ditugaskan sebagai Pelaksana tugas (plt.) Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan plt. Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BPPAUD dan Dikmas) pada provinsi masing-masing sampai dengan terbentuknya BBPMP di semua provinsi di Indonesia.
 
Dalam kesempatan yang sama, Jumeri menginstruksikan agar pejabat yang secara administrasi telah memenuhi persyaratan, agar ikut mendaftar dan “bertarung” pada seleksi terbuka (open bidding) untuk jabatan Kepala BBPMP. Termasuk mempersiapkan diri baik dari segi substansi maupun mental.
 
“Dengan bekal pengalaman Saudara sebagai Kepala UPT sebelumnya, saya yakin tentu peluang dan kesempatan Saudara untuk terpilih menjadi Kepala BBPMP sangat terbuka. Mari kita tunjukkan pada semua orang bahwa mantan Kepala LPMP, mantan Kepala BPPAUD, sangat siap untuk menghadapi perubahan, tantangan, dan tugas seberat apa pun,” lanjut Jumeri optimistis.
 
Dirjen Jumeri juga berpesan kepada para pejabat untuk mengawasi semua program dan kegiatan agar tetap berjalan sebagaimana mestinya. Supaya LPMP dan BPPAUD di daerah tetap berjalan sesuai kaidah organisasi pemerintah yang baik dan mengedepankan pelayanan kepada masyarakat.
 
Hal utama yang paling mendesak menurutnya adalah Program Sekolah Pergerak yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim dan merupakan salah satu episode dari Merdeka Belajar. ”Saya berharap Saudara tetap fokus mengawal dan melaksanakan program tersebut,”pinta Jumeri.
 
Sementara itu, kepada para direktur serta sekretaris, Jumeri meminta agar mereka bersungguh-sungguh membimbing dan mengarahkan pimpinan UPT agar Program Sekolah Penggerak dapat berjalan sesuai rencana. “Program Sekolah penggerak adalah salah satu prioritas Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen yang diharapkan akan berjalan dengan lancar dengan kendala seminimal mungkin,”harapnya.
 
Jumeri mengingatkan, koordinasi dan komunikasi antara para direktur dan sekretaris dengan para kepala UPT di daerah adalah sangat penting. “Salah satu kunci sukses program ini menurut saya terletak dari seberapa bagus persiapan dan koordinasi kita,”tutup Jumeri.
 
Turut hadir dalam acara pelantikan yaitu sekretaris dan para direktur di lingkungan Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen; Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Dyah Ismayanti; Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana, Mustangimah; Kepala Biro Hukum, Dian Wahyuni; Widyaprada Ahli Utama di lingkungan Kemendikbud; para Kepala LPMP; dan Kepala Pusat Pengembangan/ Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP/BP PAUD dan Dikmas).*** (Denty A./Aline R.)
Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/pentingnya-kemampuan-adaptasi-terhadap-tantangan-organisasi

Share Post :