4 Tips Pembelajaran Jarak Jauh Selama COVID-19

  • Admin Disdikpora
  • 04 Agustus 2020
  • Dibaca: 183 Pengunjung

Penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19 di Indonesia membuat banyak sekolah menghentikan proses pembelajaran tatap muka. Sebagai gantinya, pemerintah menerapkan pembelajaran jarak jauh selama COVID-19. Bagaimanapun juga, Pembelajaran jarak jauh selama COVID-19 membutuhkan bantuan teknologi yang mumpuni dan dapat diakses dengan mudah. Selain itu, para murid juga mesti siap beradaptasi dengan perubahan pembelajaran yang diatur oleh sekolah. Lantas, bagaimana tips Pembelajaran jarak jauh selama COVID-19? Yuk, simak beberapa tips di bawah ini!

 

Atur Manajemen Waktu

Aturlah waktu belajar dengan teratur. Kerjakan dengan fokus tugas yang diberikan oleh para guru. Hal ini lebih mudah dijalani jika pihak sekolah memberikan batasan jadwal akses daring kepada murid-muridnya. Hal ini akan berbeda jika penyedia layanan pendidikan memberikan fleksibilitas penuh kepada pelajar. Para siswa mesti mengatur sendiri jadwal belajar mereka. Bagi orang-orang yang belum terbiasa belajar mandiri, biasanya akan mengerjakan tugas-tugas sekolah di menit-menit terakhir tenggat waktu yang ditetapkan. Oleh sebab itu, membiasakan diri untuk belajar dan mengerjakan tugas di awal waktu adalah keterampilan yang perlu kamu tanamkan selama melakukan remote learning.

 

Persiapkan Gadget yang Dibutuhkan

Kamu perlu mempersiapkan peralatan-peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh selama COVID-19. Tidak semua sekolah sudah menyediakan layanan belajar daring yang memadai. Oleh karena itu, beberapa platform belajar daring dapat menjadi alternatif. Demikian juga perkakas gadget seperti komputer, smartphone, atau tablet menjadi penting, dan terutama juga jaringan internet yang baik. Tanpa hal ini akan sulit bagi kamu untuk bisa mengikuti setiap rangkain kegiatan belajar jarak jauh.

 

Jaga Komunikasi dengan Rekan-rekan Kelas

Bagi yang belum terbiasa melakukan remote learning, ia harus menyesuaikan diri untuk terus visibel dan berkomunikasi tanggap dengan pengajar atau rekan kelas lain. Jika dibutuhkan, perlu juga diadakan grup khusus untuk membahas tugas yang dibebankan pengajar. Kendati tidak harus dilakukan dengan tatap muka, komunikasi mesti terjalin dengan baik untuk menghindari kesalahpahaman. Gunakan momen-momen semacam ini untuk mengasah keterampilan komunikasi daring yang kamu miliki. Jika memang belum yakin dengan hasil tugas yang dikerjakan, segera hubungi pengajar atau guru pengampu yang bersangkutan. Lakukan sesegera mungkin untuk menunjukkan komitmen bahwa kamu tetap serius untuk belajar. Komunikasi dengan rekan-rekan kelas juga bisa membantu kamu menghilangkan kebosanan ketika belajar jarak jauh.

 

Belajarlah dengan Sungguh-sungguh

Kesalahan yang sering dilakukan siswa, dalam pembelajaran jarak jauh selama COVID-19 adalah tidak fokus ketika melakukan remote learning. Selama melakukan pembelajaran di internet, banyak sekali distraksi yang mengganggu proses pembelajaran. Godaan untuk menonton video, mengakses media sosial, hingga membaca-baca konten berita secara impulsif seringkali dilakukan tanpa rencana sebelumnya. Oleh sebab itu, penting bagimu untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar yang ditetapkan. Hindari segala macam distraksi yang berpotensi mengganggu proses belajar. Jika memungkinkan, tetapkan ruang khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan anggota keluarga yang lain.

Nah, itu dia empat tips pembelajaran jarak jauh selama COVID-19. Kegiatan pembelajaran jarak jauh ini harus kita lakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. Semoga kegiatan pembelajaran bisa kembali seperti sedia kala. Teruslah belajar dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan, ya. Boleh juga nih ceritain gimana sih rasanya belajar jarak jauh yang beda dengan cara belajar kamu yang dulu.

 

Sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/4-tips-pembelajaran-jarak-jauh-selama-covid-19-6130/

Share Post :