Aku Anak SD, Ikut Merayakan Hari Kemerdekaan

  • Admin Disdikpora
  • 26 Agustus 2019
  • Dibaca: 725 Pengunjung

Biasanya saat memperingati hari kemerdekaan, sekolahku mengadakan lomba-lomba. Karena dilakukan setahun sekali, maka lomba-lomba itu sangat ditunggu-tunggu. Sebelum memulai lomba-lomba tersebut kami melakukan upacara dulu..

Nah, lombanya bermacam-macam. Ada lomba antar kelas, yaitu tarik tambang yang menurutku merupakan permainan yang paling sulit karena butuh tenaga ekstra. Selain tarik tambang ada juga lomba antar kelas lainnya, yaitu permainan tepung. Cara bermainnya cukup mudah yaitu dengan cara kita memberikan tepung sekepalan tangan ke teman yang berada di belakang kita tanpa melihat ke belakang, hingga ke teman yang berada di urutan paling belakang. Selain lomba antar kelas, ada juga lomba yang dilakukan secara sendiri-sendiri, seperti lomba makan kerupuk, lomba kelereng, lomba memasukan paku ke dalam botol dan lain-lain. .

Nah, kalian tahu tidak apa arti merdeka itu? Waktu aku cari artinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merdeka artinya bebas dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya..

Kata bundaku ada enam negara yang pernah menjajah Indonesia. Negara apa sajakah? Ada Portugis, Spanyol, Belanda, Prancis, Inggris, dan Jepang. Penjajahan ini berlangsung selama 350 tahun. Korban yang gugur pasti sangat banyak, lingkungan alam rusak, dan banyak kerugian lainnya. Oleh karena itu, menurut bundaku tidak cukup memperingati kemerdekaan dengan lomba dan menghias rumah kita saja. Kita juga harus mengenang pahlawan yang berjuang membela negara Indonesia dengan mendoakan, dan yang lebih penting adalah mengisi kemerdekaan itu. Caranya bermacam-macam sesuai dengan kemampuan masing-masing. Contohnya, aku mengasah kemampuan menulisku dengan mengikuti reporter cilik (RepCil). Dengan kemampuan ini aku berbagi tulisanku tentang keindahan Indonesia. Aku juga punya hobi bermain bricks. Aku berharap saat aku besar aku berguna untuk sesama, membangun rumah untuk orang di Indonesia yang kurang mampu..

Sumber: https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=249900511

Share Post :