Desain Kelas yang Menunjang Suksesnya Pendidikan Karakter

  • Admin Disdikpora
  • 26 Agustus 2019
  • Dibaca: 731 Pengunjung

Pendidikan karakter adalah bentuk kegiatan  yang di dalamnya terdapat tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik dan optimal. Pendidikan karakter bisa dimulai sejak anak masih kanak-kanak. Dilakukan di lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan serta bisa juga memanfaatkan media belajar. Ruang kelas di sekolah adalah salah satu media belajar yang bisa dimanfaatkan untuk pendidikan karakter. Terdapat beberapa nilai-nilai dalam pendidikan karakter. Yaitu kejujuran, sikap toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, kemandirian, sikap demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, sikap bersahabat, cinta damai, gemar membaca, perduli terhadap lingkungan, peduli sosial dan rasa tanggung jawab serta religius..

Desain ruang kelas berkarakter sangat dibutuhkan guna menciptakan suatu ruang kelas yang aktif dan kreatif serta berpotensi guna menjadikan peserta didik agar menjadi orang yang berkarakter yang baik. Penting bagi anak untuk mendapatkan desain kelas yang menyenangkan baginya saat ia belajar di sekolah..

Pertama, rapi

dan bersih Barang yang ada di dalam kelas diletakkan dengan baik dan tersusun secara terartur. Dengan keadaan kelas yang rapi dan maka anak akan merasa nyaman dan senang saat di dalam kelas serta akan membiasakan anak untuk menyukai kerapian dan kebersihan serta keindahan. Dengan kebiasaan anak melihat kerapian dalam kelas maka akan membentuk karakter rapi dan teratur pada anak. Dengan membiasakan anak dengan kelas yang rapi dan bersih maka bisa membentuk nilai karakter disiplin dan peduli lingkunga pada anak. Seperti sabda Rasulullah: ”Sesungguhnya Allah itu Maha indah, dan suka keindahan.” (Muslim, no. 91)

Kedua, nyaman

Kelas yang nyaman merupakan hal sederhana tetapi penting. Jika ruangan kelas terasa nyaman bagi anak, maka peserta didik akan lebih mudah dan nyaman untuk menerima hal-hal yang baik dalam pembentukan karakternya.

Ketiga, corak

warna yang cerah dan menyenangkan Desain kelas dengan corak warna yang cerah dapat membantu anak mengembangkan kretivitasnya agar tertanam nilai karakter kreatif. Dengan desain kelas yang menggunakan corak cerah dan menyenangkan juga akan membuat anak merasa bahagia saat belajar.

Keempat, tenang

Situasi kelas yang tenang ialah menghindari kelas yang rentan atau kebisingan. Contoh kelas yang berada di dekat jalan raya atau dekat tempat ramai lainnya yang bisa memecah konsentrasi anak. Desain kelas seperti ini diperlukan guna membantu anak untuk bisa berpikir lebih baik dan optimal serta mudah berkonsentrasi dalam penerimaan materi. Sehingga proses belajar mengajar berlangsung secara aktif, tetapi tidak menimbulkan suatu yang berisik dalam ruang kelas.

Kelima, sejuk dan sirkulasi udara yang baik

Anak-anak cenderung mudah terganggu konsentrasinya saat belajar. Salah satu faktor yang mengganggu ialah suasana kelas dan sirkulasi udaranya. Dengan suasana kelas yang sejuk dan sirkulasi udara yang baik maka anak akan nyaman saat belajar dan mudah berkreativitas. Desain kelas yang berkarakter mampu membentuk karakter pada anak. Desain kelas yang membentuk karakter anak tercipta karena adanya peran serta guru dan peserta didik yang bekerja sama dalam mengembangkan pembentukan karakter untuk sebuah hal yang baik. Hal tersebut bisa dilihat dari partisipasi, semangat, dan kebahagiaan anak dalam keikutsertaannya dalam proses belajar mengajar, baik secara individu maupun secara kelompok. (Rika Manggu Budela -Mahasiswa PIAUD IAIN Pontianak dan Relawan Rumah Literasi IAIN Pontianak) .

Sumber: https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=249900508

Share Post :