Menciptakan Suasana Gembira Kunci Pengasuhan Anak

  • Admin Disdikpora
  • 23 Juli 2020
  • Dibaca: 163 Pengunjung

Jakarta: Menciptakan suasana gembira merupakan salah satu kunci dalam pengasuhan anak di era kenormalan baru. Konsep tersebut dinilai luput dari perhatian orang tua selama ini.
 
Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia Seto Mulyadi (Kak Seto) menyebut salah satu yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana gembira yakni dengan selalu tersenyum. Karena senyum membuat percaya diri dan bergembira.
 
“Membuat suasana gembira momen itu jarang dilakukan. Bangun tidur ibu-ibu memikirkan cicilan, tagihan, bangun tidur berkaca senyum,” kata Kak Seto dalam webinar, Rabu, 3 Juni 2020

Kak Seto menuturkan pola pengasuhan dan belajar tidak harus dengan kekerasan. Yang harus dibangun adalah suasana belajar dipadukan dengan bermain yang gembira dan penuh kreativitas.
 
Seto tak memungkiri orang tua masih belum mengeksplorasi kreativitasnya saat melakukan pengasuhan. "Kunci utamanya kreatif, semua orang pada dasarnya kreatif tapi seing kali kurang digali,” terangnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar para orang tua memberikan hak berpartisipasi anak. Ini juga merupakan salah satu dari konvensi hak anak internasional.
 
"Hak didengar suaranya jadi mohon bukan zaman lagi, kamu harus tidur siang titik, pokoknya harus belajar. Suasana tidak mendengar hak anak merupakan pelanggaran hak anak," ujarnya.

Sumber :https://www.medcom.id/pendidikan/tips-pendidikan/GKdOendk-menciptakan-suasana-gembira-kunci-pengasuhan-anak

Share Post :