Mendikbud Singgung Guru yang Hanya Beri Tugas Berat Tanpa Bimbingan

  • Admin Disdikpora
  • 03 Agustus 2020
  • Dibaca: 148 Pengunjung

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyinggung guru yang hanya memberikan tugas, namun tak membimbing siswanya semasa belajar di rumah.
Ia mendapat laporan dari orangtua siswa lantaran ada beberapa guru yang hanya memberikan tugas berat, tapi tak disertai dengan bimbingan dalam pengerjaannya.
"Kami juga ingin menekankan, walaupun banyak sekolah sekarang melakukan belajar dari rumah, bukan berarti gurun hanya berikan pekerjaan saja kepada murid, tapi juga ikut berinteraksi dan berkomunikasi membantu muridnya dalam mengerjakan tugasnya," ujar Nadiem melalui sambungan konferensi video, Selasa (24/3/2020).
"Kami mendengar banyak keluhan dari berbagai macam orang dan mahasiswa yang hanya diberikan pekerjaan yang begitu berat tapi tidak dibimbing," lanjut dia.
Oleh sebab itu, Nadiem pun meminta kepada para guru tetap berinteraksi dan membimbing siswanya dalam menjalani masa belajar di rumah selama pandemi virus corona (Covid-19) masih berlangsung.
Ia menambahkan, kebijakan belajar di rumah saat ini juga bertujuan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan guru.
Namun guru juga harus tetap optimal dalam membimbing siswa dalam menjalankan proses belajar di rumah.
"Jadi mohon, siswa-siswa kita walau bekerja (belajar) dari rumah bahwa guru itu juga benar-benar mengajar dari rumah dan membantu membimbing siswanya," lanjut dia.
Sebelumnya, proses belajar mengajar yang efektif sesuai kondisi daerah masing-masing perlu dilakukan dalam rangka kegiatan belajar dari rumah.
Dalam Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020, Nadiem meminta pemerintah daerah dan pimpinan perguruan tinggi memastikan bahwa bekerja dari rumah tidak memengaruhi ukuran penilaian kinerja maupun sistem insentif yang diterima pendidik maupun tenaga kependidikan.
"Kehadiran fisik tidak menjadi ukuran kinerja. Yang terpenting adalah pembelajaran tetap berjalan dan terus terjadi. Hanya caranya yang berubah menjadi pembelajaran daring," pesannya.
Para pendidik dan tenaga kependidikan juga tidak perlu datang ke sekolah ataupun kampus untuk sementara waktu. Proses pembelajaran ataupun penyelesaian urusan administrasi dapat tetap berjalan dengan memanfaatkan teknologi

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2020/03/24/15391751/mendikbud-singgung-guru-yang-hanya-beri-tugas-berat-tanpa-bimbingan

Share Post :