Tahun Ajaran Baru 2020/2021, Ini Hal yang Perlu Dipersiapkan Secara Finansial untuk Sang Buah Hati

  • Admin Disdikpora
  • 05 Agustus 2020
  • Dibaca: 145 Pengunjung

Tahun Ajaran Baru 2020/2021 sudah dimulai sejak tanggal 13 Juli 2020. Selain itu, Kemendikbud juga telah menerbitkan pedoman Pembelajaran Jarak Jauh untuk menyambut Tahun Ajaran Baru 2020/2021. Beberapa sekolah yang berada di zona hijau juga telah diperbolehkan untuk memasuki Tahun Ajaran Baru 2020/2021 dengan menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. 

Lantas, apa yang bisa dilakukan orang tua untuk mempersiapkan kebutuhan anak selama berlangsungnya tahun ajaran baru ini? Berikut adalah beberapa hal yang dapat disiapkan secara finansial oleh orang tua untuk kesiapan sekolah anak di Tahun Ajaran Baru 2020/2021.

Gadget atau Perangkat Pembelajaran Online

Gadget akan sangat dibutuhkan oleh anak untuk bisa mengikuti pembelajaran secara Online. Orang tua bisa mempersiapkan Laptop, Komputer, Tablet, atau Smartphone sebagai usaha untuk mempersiapkan buah hati dalam menghadapi sistem pembelajaran Online yang semakin lumrah saat pandemi ini. Pastikan hal ini masuk dalam perencanaan finansial pendidikan anak Anda.

Kuota Internet

Mengingat di Tahun Ajaran Baru 2020/2021 masih berada di masa pandemi, kuota internet menjadi faktor yang tidak boleh dilupakan. Sebisa mungkin, cobalah atur anggaran untuk kuota internet supaya anak tetap dapat melaksanakan pembelajaran daring secara efektif. Lebih jauh, Anda juga bisa menyiapkan video-video pembelajaran yang bisa dijadikan bahan belajar untuk anak. Anda juga dapat memberikan rekomendasi platform belajar bagi anak agar belajar lebih tertata dan teratur.

Namun, jika Anda masih bingung menemukan platform pembelajaran daring yang berkualitas, jangan khawatir. Kelas Pintar siap membantu Anda dan sang buah hati untuk tetap belajar efektif selama pandemi. Kelas Pinta sebagai platform edukasi digital yang menawarkan solusi belajar lengkap untuk siswa SD, SMP, sampai SMA yang bisa  diakses anak setiap hari. Secara sederhana, Kelas Pintar menyediakan literasi yang lengkap. Semua materi dan jumlah mata pelajaran sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku. Dan menariknya, materi pelajaran tersebut juga tidak hanya disediakan dalam bentuk buku elektronik, tapi juga disajikan dalam format presentasi, audio, dan video. Dengan begitu, proses belajar anak akan terasa lebih menyenangkan!

Kelengkapan Protokol Kesehatan

Meskipun sudah ada beberapa sekolah di zona hijau yang diperbolehkan menyelenggarakan pembelajaran tatap muka, ada baiknya jika Anda tetap mengalokasikan anggaran untuk kelengkapan protokol kesehatan anak. Sediakan beberapa kotak masker, hand sanitizer, atau face shield jika diperlukan. Anda tidak dapat mengawasi aktivitas anak di sekolah sepanjang hari, jadi, mau tidak mau Anda harus mempersiapkan perlengkapan protokol kesehatan tersebut ketika anak sudah masuk sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

Perhatikan Gizi Anak

Jika sekolah akhirnya memutuskan untuk menjalankan pembelajaran jarak jauh lagi, maka tetap pastikan anak-anak mendapatkan gizi yang cukup agar bisa konsentrasi belajar di rumah. Namun, jika diputuskan sudah bisa masuk sekolah kembali, maka pertimbangkan untuk membawakan bekal saja ke sekolah, agar lebih higienis dan pastinya, lebih aman. Alokasikan juga anggaran untuk menyiapkan santapan lezat nan higienis untuk anak selama bersekolah di masa pandemi ini.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan secara finansial agar anak tetap dapat melaksanakan pembelajaran secara efektif di Tahun Ajaran Baru 2020/2021. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda punya tips lainnya? Berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini, ya!

Sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/tahun-ajaran-baru-2020-2021-ini-hal-yang-perlu-dipersiapkan-6169/

Share Post :