FGD MILLENIAL ROAD SAFETY FESTIVAL: PELAJAR DIHARAPKAN LEBIH SADAR BERLALU-LINTAS

  • Admin Disdikpora
  • 18 Januari 2019
  • Dibaca: 230 Pengunjung

FGD MILLENIAL ROAD SAFETY FESTIVAL: PELAJAR DIHARAPKAN LEBIH SADAR BERLALU-LINTAS

Singaraja, 17 Januari 2019 | DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd menghadiri kegiatan Focus Group Discusion dalam rangka Millenial Road Safety Festival yang dilaksanakan oleh Polres Buleleng.Kehadiran Kadisdikora Buleleng dalam hal ini diundang sebagai salah satu narasumber untuk memberikan materi kepada pelajar yang hadir dalam acara yang berlangsung di Gedung Wanita Laksmi Graha, Kamis 17 Januari 2019.

Dari sisi pendidikan Kadisdikpora Buleleng menyampaikan bahwa, kegiatan festival seperti yang disampaikan Kapolres Buleleng tentang program game online lalu lintas, ada baiknya lebih intens menyasar ke satuan –satuan pendidikan. Salah satu contoh adalah disaat petugas Lantas menjadi Pembina Upacara di satuan pendidikan, game online ini bisa disisipkan dengan kreativitas yang menarik.

Jika hal ini bisa dilaksanaan tentu kebosanan pelajar mendengarkan ceramah akan tergantikan dengan adanya system game online tentang peraturan berlalu lintas yang lebih menarik.Selain itu pihak Kepolisian juga bisa mengadakan kerjasama dengan pramuka di sekolah dengan membuat kegiatan Persami dengan mengambil tema khusus tentang peraturan berlalu lintas yang juga dengan cara millennial.

Sedangkan dari sisi kurikulum Disdikpora Buleleng sudah sering menyampaikan ke satuan pendidikan tentang penanaman pendidikan karakter bagi siswa disekolah.

Seperti yang disampaikan Kapolres Buleleng, AKBP Suratno S.I.K kepada para peserta FGD bahwa tingkat angka fatalitas kecelakaan paling tinggi masih terjadi dikalangan pelajar dan mahasiswa. Khususnya juga bagi anak-anak yang belum genap berusia 17 tahun.

Kegiatan Roadshow ini akan diadakan di 34 provinsi seluruh Indonesia dan diharapkan bisa mewujudkan generasi millennial dan relawan lalu lintas seluruh Indonesia menuju tertib berlalu lintas serta mewujudkan Bali sebagai model tertib berlalu Lintas.Ditambahkan pula kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan Pebruari mendatang dengan berbagai acara baik bersifat modern dan tradisional tentunya tidak lepas dari sisi edukasi.

Selain itu turut hadir Kadishub Kabupaten Buleleng, Gede Gunawan Adnyana Putra, SE.Msi sebagai narasumber dengan pemberian materi terkait pentingnya mematuhi marka jalan dan keselamatan dalam berkendara.Kegiatan ini juga turut mengundang komunitas motor dan beberapa seniman muda Buleleng.

Share Post :