KADISDIKPORA BULELENG BERHARAP MELALUI WORKSHOP AN, AKM DAN PISA, GURU BISA TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

  • Admin Disdikpora
  • 23 Pebruari 2021

KADISDIKPORA BULELENG BERHARAP MELALUI WORKSHOP AN, AKM DAN PISA, GURU BISA TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN
Singaraja, Selasa 23 Februari 2021|DISDIKTODAY
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng,Made Astika, S.Pd, M.M berkesempatan hadir membuka Workshop Pengimbasan Berbasis Komputer Daring (AN, AKM, PISA) dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTS di SMP N 6 Singaraja, Selasa, 23/2/21.

Seusai membuka acara secara resmi, Kepala Disdikpora kabupaten Buleleng, mengungkapkan bahwa kegiatan yang digelar SMP N 6 Singaraja merupakan kegiatan desiminasi atas kegiatan yang kita lakukan di oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng yang sudah dilakukan pada bulan Januari dan Pebruari. Dasar daripada kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi daripada guru itu kemampuan guru untuk dalam ilmu kependidikan. Ada beberapa point yang bisa diambil diantaranya yang pertama trend baru, dimana dalam pelaksanaan UBKD kemarin sudah disampaikan pada bulan Januari bahwa pelaksanaan UBKD akan dilaksanakan tahun 2021. Yang kedua bagaimana seorang guru itu bisa menyusun soal berbasis AKM yang tentunya output daripada kegiatan ini adalah berupa Bank soal. Bank soal yang dimanfaatkan oleh satuan pendidikan yang nafasnya sudah pada posisi AKM (Asesmen Kompetensi Minimal).Hal tersebutlah yang itu nanti akan dijadikan sebagai bahan evaluasi utamanya dalam ujian tengah semester untuk mengetahui kemampuan siswa yang terakhir itu untuk kenaikan kelas maupun kelulusan Yang ketiga pola yang diambil SMP 6 Singaraja sebuah langkah untuk memberikan motivasi kepada guru untuk menyusun administrasi pembelajaran. Administrasi pembelajaran itu adalah memang kewajiban guru untuk itu tetapi tetap dimantapkan oleh kepala SMP 6 Singarja selaku manajernya.

Selain itu. untuk memacu para guru untuk mempersiapkan diri dalam menyusun administrasi pembelajaran. “Apabila semuanya ini sudah dilakukan berarti dari perencanaan persiapan mengajar guru-gurunya sudah disiapkan sedini mungkin kalau perencanaannya sudah baik tentu nanti pelaksanaannya juga akan menjadi baik. Kalau pelaksanaannya baik outputnya juga akan menjadi baik saya pikir itu, dan kedepan melalui kegiatan hari ini mudah-mudahan apa yang menjadi harapan kita bersama yaitu peningkatan mutu pendidikan di SMP 6 Singaraja khususnya dan secara umum di Kabupaten Buleleng juga meningkat.”ungkap Kadisdikpora Buleleng

Sementara itu, Kepala SMP N 6 Singaraja, I Nyoman Sudiana, S.Pd., M.Pd menjelaskan tujuan workshop ini ada beberapa yang perlu tujuan yang kita harapkan yaitu yang pertama sebagai tinjaklanjut dari workshop sebelumnya yang diikuti oleh guru jadi terkait dengan PISA, PISA itu semacam penilaian dari organisasi internasional angkatan penilaian kemudian UBKD sebagai pengganti dari UNBK ini sebenarnya jadi ujian berbasis komputer daring yang nanti dimana perubahannya dari soal ini adalah tentang AKM (Asesmen Kompetensi Minimal).Kemudian nanti juga akan dipakai di Asesmen Nasional jadi ujian Nasional, walaupun tidak ada akan tetapi tetap ada Asesmen Nasionalnya. Rencana kemarin bulan Maret, tapi baru dapat informasi ini pada bulan September baru diberlakukan, jadi UBKD ini semacam melihat sekolah atau siswa kalau dulu ujian nasional tapi ini hanya perwakilan dan yang diambil beberapa sample adalah dari kelas 8 diambil.. Terakit hal itu SMP N 6Singaraja kita menyiapkan guru-gurunya terlebih dahulu agar dalam penilaian paling tidak bisa membuat soal numerasi dan literasi.
Kemudian yang kedua adalah menyamakan persepsi tentang rencana atau RPP bagi guru-guru di SMP 6 Singaraja menindaklanjuti dari arahan Asesmen Mendibud agar administrasi itu tidak ribet, sehingga melalui kegiatan ini persamaan persepsi bisa didapatkan. baru sekarang melalui workshop ini disamakan. Sedangkan untuk Peserta sendiri melibatkan 49 orang guru SMP Negeri 6 Singaraja selama 4 hari.Dalam kegiatan ini turut ikut mendampingi Kabid PSMP, I Nyoman Sutama, S.Pd, M.Pd.

Share Post :