MENUMBUHKAN KECINTAAN TERHADAP ILMU PENGETAHUAN MELALUI OLIMPIADE SAINS KABUPATEN (OSK)

  • Admin Disdikpora
  • 17 Maret 2019
  • Dibaca: 165 Pengunjung

MENUMBUHKAN KECINTAAN TERHADAP ILMU PENGETAHUAN MELALUI OLIMPIADE SAINS KABUPATEN (OSK)

Singaraja, Sabtu 16 Maret 2018|DISDIKTODAY

 

“Bukan semata untuk mencari juara, tetapi menumbuhkan kecintaan terhadap sains itu penting apalagi diera Revolusi Industri 4.0 kita harus memiliki Sumber Daya Manusia yang siap dan mampu bersaing."

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si saat membuka secara resmi kegiatan Olimpiade Sain Kabupaten (OSK) tingkat SMP Se-Kabupaten Buleleng Tahun 2019 di SMP N 1 Singaraja, Sabtu (16/3/19).

Selanjutnya, OSK tentunya menjadi sebuah ajang untuk mengetahui kemampuan siswa sehingga setelah dilaksanakannya kegiatan ini ada hasil yang kiranya bisa evaluasi guna peningkatan kualitas pendidikan serta membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan. Pemerintah mendorong peningkatan literasi dasar, kompetensi berpikir, kritis, kreatif, komunikatif dan kolaborasi generasi muda. Cerdas dan Berkarakter juga diharapkan akan menjadi bagian dari hasil kegiatan tahunan ini.

Sehubungan dengan itu Disdikpora Buleleng selalu mendukung penuh kegiatan seperti ini, apalagi Kabupaten Buleleng dari dulu sudah sering disebut sebagai kota Pendidikan," imbuh Kadisdikpora Buleleng.

Di Penghujung sambutan ucapan terima kasih disampaikan kepada seluruh panitia yang selalu konsisten dan berkerja keras demi terlaksanaknya kegiatan ini serta ucapan selamat berlomba ditujukan bagi para peserta.

Sementara dari laporan Kabid Pembinaan SMP, I Nyoman Sutama, S.Pd, M.Pd, didampingi Kasi Peserta Didik SMP, Putu Primasuta, S.Sn melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan salah satunya untuk Menanamkan kesadaran dan keberanian peserta didik untuk mencoba menerapkan secara langsung dan dapat berprestasi secara optimal dengan memberikan penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi dalam bidang Sains.

Berdasarkan petunjuk pelaksanaan Olimpiade Sains Kabupaten Sekolah Menengah Pertama tahun 2019 yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019 bahwa Pada seleksi tingkat kabupaten, setiap sekolah maksimal diwakili 1 peserta untuk setiap bidang lomba, kemudian peringkat I, II dan III setiap bidang lomba di Kabupaten akan dikirim ke Provinsi, setelah sebelumnya melalui pembinaan di kabupaten.

Tahun 2019 ini jumlah peserta OSK SMP adalah 196 siswa yang berasal dari 65 SMP Negeri dan Swasta Se- Kabupaten Buleleng, yang terdiri dari 65 peserta pada bidang lomba IPA, 65 peserta pada bidang lomba IPS, dan 64 peserta pada bidang lomba Matematika.

Selanjutnya Untuk tingkat Kabupaten tim juri ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng yang telah mempunyai sertifikat Pembina Olimpiade Sains. Sedangkan Tingkat Provinsi pelaksanaannya pada tanggal 13 April 2019 di Denpasar dan di tingkat Nasioanl diadakan pada tanggal 30 Juni sampai dengan 6 Juli 2019 di Kalimantan Barat.

Dalam kegiatan ini tampak hadir perwakilan LPMP Propinsi Bali untuk meninjau pelaksaan OSK 2019 serta mengundang Koordinator Pengawas di lingkup Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab.Buleleng, Ketua MKKS SMP Kabupaten Buleleng, Ketua MKPS SMP Kabupaten Buleleng Para Dewan Juri OSK SMP Tingkat Kabupaten Buleleng 2019 dan Bapak/Ibu Guru Pembina dan Peserta OSK.

Share Post :