OSTN SMK Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2015

  • Admin Bulelengkab
  • 07 Juni 2015
  • Dibaca: 896 Pengunjung

Dinas  Pendidikan Kabupaten Buleleng gelar Lomba Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) SMK Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2015

Era globalisasi memberi dampak ganda yaitu di samping membuka kesempatan kerjasama yang seluas-luasnya antar negara, juga membuka persaingan di segala bidang pekerjaanapalagi dengan hembusan issue Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) ini, persaingan menjadi semakin ketat dan semakin tajam.Untuk menghadapi tantangan tersebut, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota khususnya Kabupaten Buleleng harus memperkuat daya saing dan keunggulan kompetitif di semua sektor dengan mengandalkan pada kualitas dan kemampuan sumber daya manusia dengan penguasaan teknologi.

Dalam upaya menjawab tantangan tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng, melalui Bidang Pendidikan Menengah pada Seksi SMK menyelenggarakan Lomba Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2015yang bertempat di SMK Negeri 3 Singaraja Kamis, 04 Juni 2015. Komang Rumanis, Kasi SMK Disdik Buleleng dalam laporannya menyatakan OSTN kali ini diikuti oleh 91peserta yang berasal dari 17SMKNegeri dan Swasta Se-Kabupaten Bulelengyang berkompetisi dalm 5 bidang lomba meliputi : Fisika Terapan, Kimia Terapan, Biologi Terapan, Matematika Teknologi dan Matematika Non Teknologi.

Kabid Dikmen Disdik Buleleng, I Made Sedana,S.Pd.M.Pd dalam dalam sambutannya mewakili Kadisdik Buleleng,menyatakanOlympiade Sains Terapan (OST) SMK, merupakan ajang untuk menghargai dan mengapresiasi bidang sains terapan serta menciptakan generasi muda Indonesia yang cerdas, kreatif, dan adaptif dalam penguasaan teknologi. Tujuan kompetisi Olympiade Sains Terapan (OST) adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK dalam penguasaan teknologi terapan dan mempromosikan SMK sebagai tempat pendidikan yang berkualitas. Kegiatan juga dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan peserta didik SMK dalam penguasaan bidang Sains Terapan, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan dan potensi SMK sebagai tempat pendidikan dan latihan yang berkualitas, serta meningkatkan citra Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui unjuk kemampuan dalam bidang sains terapan, dan memantau peta kualitas dan kemampuan SMK di Kabupaten Buleleng  dalam bidang Sains Teknologi sebagai sarana promosi  kepada Dunia Usaha dan Industri yang notabene merupakan calon pengguna tenaga kerja.

Adapun juara dalam lomba OSTN ini dalam Bidang Fisika Terapan peringkat 1 diraih oleh Nyoman Mega Fridayanti (SMK N 1 Kubutambahan), peringkat 2 a.n. Dewa Nyoman Widiana Nida (SMK N 3 Singaraja), peringkat 3 a.n Putu Tamira Anggardiani (SMK N 3 Singaraja). Pada Bidang Kimia Terapan, peringkat 1 disabet oleh Gusti Ayu Made Pratami Paramita (SMK N 1 Kubutambahan), peringkat 2 a.n I Gusti Ngurah Suryantika (SMK N 3 Singaraja), peringkat 3 a.n Kadek Angga Ari Darmawan. Pada Bidang Matematika Teknologi, peringkat 1 diraih oleh Komang Perdi Trisna Yudiana (SMK N 3 Singaraja), peringkat 2 a.n I Made Budiawan (SMK TI Bali Global Singaraja), peringkat 3 a.n Putu Vellina Damayanti (SMK N 1 Kubutambahan). Pada Bidang Matematika Non Teknologi diraih oleh Kadek Noviani (SMK N 1 Singaraja), peringkat 2 a.n Made Agus Ariawan ( SMK N 2 Singaraja), peringkat 3 a.n Mangku Juliyasa (SMK Nusa Dua Gerokgak) sedangkan pada Bidang Biologi Terapan disapu bersih oleh peserta dari SMK N 1 Kubutambahan a.n Ni Putu Novi Fridayani, Ni Luh Eka Dewi Agustini dan Komang Diah Kusuma Werdi yang berturut-turut menyabet peringkat 1, 2 dan 3

Peringkat pertama dan kedua pada masing-masing bidang lomba, nantinya berhak  mewakili Kabupaten Buleleng dalam ajang yang sama tingkat Provinsi pada tanggal 07 dan 08 Juli mendatang di Denpasar. Lebih lanjut, Sedana berharap bagi siswa yang berhasil lolos dalam seleksi ini, agar bisa berjuang lebih gigih dan kompetitif lagi sehingga nantinya bisa mengharumkan kabupaten sekaligus sekolahnya di tingkat provinsi bahkan nasional. 

Share Post :