PENYUSUNAN NASKAH USBN DAN PENETAPAN JADWAL US TINGKAT SD/MI BULELENG DIBAHAS

  • Admin Disdikpora
  • 16 Januari 2019
  • Dibaca: 228 Pengunjung

PENYUSUNAN NASKAH USBN DAN PENETAPAN JADWAL US TINGKAT SD/MI BULELENG DIBAHAS

Singaraja, 15 Januari 2019 | DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng Selasa, 15 Januari 2019 menggelar Rapat Persiapan Penyusunan Naskah USBN dan Penetapan Jadwal US Tahun Pelajaran 2018/2019 tingkat SD/MI se-kabupaten buleleng.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kadisdikpora Buleleng yang diwakili oleh Plt. Sekdisdikpora Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M didampingi Kasubag Perencanaan, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P serta Kasi Kurikulum PSD, I Nyoman Sutama, S.Pd, M.Pd dihadiri Korwil Kecamatan, Pengawas Sekolah, K3S, KKG, KKMI Kecamatan se Kabupaten Buleleng dan Perwakilan Kantor Kementerian Agama Kab. Buleleng.

Pertemuan yang berlangsung di aula Disdikpora dimulai dengan pemaparan materi USBN dan pelaksanaan USBN SD/MI/SDTK/SPK dimana untuk tim penyusun naskah nantinya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya: Mekanisme Penyusunan Soal, Mata Pelajaran, Jumlah Butir Soal dan Alokasi Waktu, Penggandaan Naskah Soal USBN, dan Jadwal USBN.

Disamping itu dibahas pula Moda Pelaksanaan USBN, Pengaturan Ruang/Tempat, Pengawas, Tata Tertib Pengawas dan Peserta USBN dan Pemeriksaan dan Pengolahan Hasil USBN.

Dalam arahannya Plt. Sekdisdikpora Buleleng menegaskan bahwa melalui kegiatan ini nantinya dapat terbentuk tim penyusun naskah dengan cepat, agar pengerjaan naskah bisa selesai tepat waktu mengingat jadwal ujian maju satu bulan.

Untuk naskah USBN nantinya akan dicetak melalui dana Disdikpora Kabupaten Buleleng sedangkan di luar itu akan dicetak melalui dana BOS.

Sementara dari perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Buleleng juga menyampaikan untuk saat ini, secara umum ketentuan US/USBN MI masih sama dengan tahun lalu. Pihaknya akan selalu melakukan koordinasi dengan Disdikpora Buleleng.

Selain itu untuk persiapan US khususnya di mapel Agama nantinya akan berkolaborasi dengan Kementerian Agama Kabupaten Buleleng tentang penyusunan soal US agama. Sedangkan untuk kisi-kisi USBN bisa di download di laman website kemendibud.

Dari rapat ini dapat diambil beberapa catatan, yang pertama adalah tanggal pelaksanaan untuk ujian sekolah dasar mulai tanggal 10, 11, 12 April 2019, sebelum pelaksanaan pelaksnaan USBN.Yang kedua untuk USBN, tanggal 28 Pebruari 2019 naskah harus sudah selesai dibuat dan dilakukan proses pencetakan naskah, selanjutnya pada tanggal 19 Maret 2019 naskah harus sudah diterima oleh masing-masing satuan pendidikan.

Share Post :