SERAH TERIMA KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) JENJANG SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Admin Disdikpora
  • 31 Januari 2019
  • Dibaca: 265 Pengunjung

Singaraja, 31 Januari 2019
SERAH TERIMA KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) JENJANG SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dalam rangka penjaminan kualitas pendidikan khususnya di Kabupaten Buleleng, dan untuk mensukseskan terselenggaranya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang sekolah dasar (SD), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng melakukan langkah-langkah strategis. Salah satu langkah strategis dan sesuai dengan Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah Berstandar Nasional (POS USBN) adalah penyusunan soal USBN jenjang sekolah dasar.
Adapun komposisi soal untuk USBN adalah 20%-25% soal berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Penilaian Pendidikan (PUSPENDIK) dan 75%-80% soal dikonsolidasikan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Kabupaten Buleleng dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng. Selanjutnya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng membentuk Tim Penyusun Soal USBN jenjang sekolah dasar (SD) yang bertugas untuk menyusun dan menelaah indikator berdasarkan kisi-kisi USBN serta merakit soal USBN.
Sebelum Tim penyusun Soal USBN mulai bertugas menyusun soal maka adalah suatu kewajiban bagi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga untuk menyerahkan kisi-kisi soal USBN tersebut untuk selanjutnya ditelaah indikatornya sehingga dapat tersusun soalyang memenuhi standar validitas dan reliabilitas serta memenuhi ketentuan-ketentuan penyusunan soal yang baik dan benar. Kisi-kisi soal USBN diserahkan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng (Made Astika, SPd, M.M) selaku ketua panitia Ujian Kabupaten Buleleng kepada koordinator Tim Penyusun Soal USBN jenjang sekolah dasar (I Gusti Ayu Putu Sri Darmawati, M.Pd) didampingi oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan (Made Kawiarsa, S.Pd) dan Staf Kurikulum SD (I Ketut Agus Susilawan, S.Pd). Serah terima dilakukan di Lobi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng yang sebelumnya ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima.

Share Post :