SOSIALISASI DAK FISIK 2019 ”MELAKUKAN SESUATU YANG BENAR DENGAN CARA YANG BENAR”

  • Admin Disdikpora
  • 18 April 2019
  • Dibaca: 58 Pengunjung

SOSIALISASI DAK FISIK 2019 ”MELAKUKAN SESUATU YANG BENAR DENGAN CARA YANG BENAR”

Singaraja, Selasa 16 April 2019 | DISDIKTODAY

Dana Alokasi Khusus ( DAK ) merupakan program strategis dalam meningkatkan kualitas Pendidikan pada satuan PAUD dan SPNF Kabupaten Buleleng agar merata dalam rangka memenuhi Standar Pelayanan Minimum dan secara bertahap memenuhi Standar Nasional Pendidikan.Terkait hal tersebut melalui Bidang Pembinaan PAUD-PNF Disdikpora Buleleng menggelar Sosialisasi pengumuman dana alokasi khusus (DAK) fisik sub bidang PAUD dan SPNF SKB Kabupaten Buleleng tahun 2019.

Dari laporan Kabid Pembinaan PAUD-PNF, Dra. Ni Nengah Pujiani, M.A.P didampingi Kasi Sarpras, Nyoman Widiari, SE menyampiakan bahwa adapun beberapa tujuan dari kegiatan ini antara lain yang pertama untuk meningkatkan kualitas Pendidikan pada satuan PAUD dan PNF Kabupaten Buleleng, yang kedua terciptanya suasana yang aman dan nyaman dalam proses pembelajaran dan yang terakhir terpenuhinya sarana dan prasarana pada lembaga Satuan PAUD dan PNF Kabupaten Buleleng.

Selanjutnya peserta yang ikut dalam Sosialisasi DAK ini berjumlah 32 orang yang terdiri dari Kepala TK dan Kepala SPNF SKB 9 orang ,Ketua Komite 9 orang dan Bendahara DAK 9 orang, Fasilitator 5 orang. Dalam kegiatan ini turut mengundang beberapa Narasumber antara lain: Kepala Kejaksaan Negeri Buleleng, Inspektur Kabupaten Buleleng, Kepala KPP Pratama Singaraja, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Buleleng, Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Buleleng, Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab.Buleleng.

“Kegiatan penting seperti ini tentu akan memberikan pengetahuan bagi para peserta bagaimana melakukan sesuatu yang benar dengan cara yang benar, artinya kita bisa melakukan efisiensi dan efektifitas sehingga nantinya apa yang ingin kita wujudkan bisa benar-benar bisa dilaksanakan dengan bias sekecil mungkin.Hal inilah yang akan memperkecil timbulnya persoalan sehingga target-target yang telah direncanakan bisa terlaksana dengan penuh tanggung jawab."

Pernyataan tersebut disampaikan Kadisdikpora Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si saat memberikan arahan dan sambutan serta membuka acara secara resmi kegiatan sosialisasi DAK fisik teesebut. Lebih lanjut hasil dari kegiatan ini nantinya akan menjadi pegangan bagi para peserta didalam menyusun Dana Alokasi Khusus (DAK ) fisik di sekolah masing-masing.

Terkait dengan hal tersebut ini membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng selalu berupaya meningkatkan pelayanan pendiidkan di Buleleng.

Seusai acara dibuka Kadisdikpora Buleleng secara resmi, dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dalam Pelaksanaan DAK, Peraturan Perpajakan dalam Kegiatan DAK, Pengawasan dalam proses pelaksanaan DAK, Kebijakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Penjelasan Tentang Juknis DAK Tahun 2019, dan Proses Pelaksanaan , Pengamprahan dan Pelaporan DAK. Kegiatan Sosialisasi DAK dilaksanakan selama 1 hari pada tanggal 16 April 2019 bertempat di Aula Disdikpora Buleleng.

Share Post :