(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Mengembangkan Berpikir Kritis Melalui Kegiatan Sains Di Rumah

Admin disdikpora | 08 Januari 2024 | 519 kali

PAUDPEDIA  —  Ayah, Bunda dan Sobat PAUD berpikir kritis adalah sebuah kemampuan berpikir dimana anak mampu untuk memberikan alasan atas suatu yang terjadi berdasarkan pemahamannya, menemukan hubungan sebab akibat serta mengambil keputusan atas suatu hal yang anak alami. Terkadang anak memiliki banyak pertanyaan seperti kenapa mobil bisa bergerak? Kenapa hujan bisa turun? Kenapa adik bayi tidak bisa bicara? Dan pertanyaan lain yang kadang tidak diprediksi oleh orang dewasa. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan anak mengenai suatu hal menandakan kemampuan berpikir kirtis sedang berkembang. 

Berpikir kritis berkembang melalui proses mengamati, bertanya, menemukan perbedaan atau persamaan dari suatu kejadian. Kemampuan berpikir kritis yang dibiasakan sejak dini akan membantu anak lebih terampil dalam mengolah informasi yang masuk dan membantu dalam mengambil keputusan secara tepat karena mampu melihat solusi dari berbagai sudut pandang. 

Pengembangan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan di rumah melalui aktivitas sains sederhana bersama ayah dan bunda. Sains dipahami sebagai kegiatan sederhana yang dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak, minat dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Kegiatan sains sederhana bisa dilakukan dengan benda-benda yang ada di rumah seperti  perlengkapan makan, perlengkapan dapur, perlengkapan di kamar mandi.

Berikut adalah beberapa kegiatan sains sederhana yang dapat dilakukan ayah bunda bersama anak di rumah untuk meningkatkan berpikir kritisnya:

  1. Bermain musik dengan alat-alat dapur. Ayah bunda bisa menyiapkan beberapa perlengkapan di dapur seperti panci, spatula sendok, piring plastik, gelas dan lainnya. Berikan kesempatan kepada Minta anak untuk memukul benda-benda tersebut lalu tanya anak perbedaan bunyi yang dikeluarkan masing-masing benda
  2. Bermain mengenal rasa. Ayah bunda bisa menyiapkan beberapa makanan yang ada di rumah yang mengandung rasa manis, asam, asin, pahit dan pedas. Disini anak menggunakan inderanya untuk menebak rasa makanan tersebut dan merasakan perbedaan rasa yang dikeluarkan setiap makanan. 
  3. Bermain menanam tanaman. Mengamati tanaman mulai dari biji sampai tumbuh daun adalah hal yang menarik untuk dilakukan bersama anak. Ayah bunda bisa menyiapkan biji-bijian seperti biji cabai, tomat, kacang hijau atau lainnya dan mulai proses menanam bersama anak, minta anak mengamati setiap proses yang terjadi

Banyak kegiatan sains sederhana lainnya yang dapat dilakukan ayah bunda di rumah. Kegiatan apapun yang dilakukan bersama dalam kondisi yang menyenangkan selain dapat menstimulus dan mengoptimalisasi seluruh aspek perkembangan juga dapat meningkatkan kelekatan anak dengan orang tua. 

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/mengembangkan-berpikir-kritis-melalui-kegiatan-sains-di-rumah?ref=MTYyNS1iNDQ3MDYzMA==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=