(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Pembiasaan Baru di Masa Pandemi Covid-19

Admin disdikpora | 09 Mei 2022 | 16 kali

Pembelajaran Budaya Hidup Sehat pada siswa Sekolah Dasar umumnya berkaitan dengan kebersihan diri, kelas, dan lingkungan sekolah. Namun belakangan ini kita dihadapkan pada situasi yang membuat guru, siswa dan orang tua siswa harus bekerja sama lebih dari biasanya untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar. Kita semua dihadapkan oleh pandemi Covid-19 yang membuat model, metode dan strategi pembelajaran harus disesuaikan dengan situasi sekarang ini. Materi pembelajaran budaya hidup sehat kali ini dilaksanakan secara daring dengan terlebih dahulu guru berinteraksi dengan siswa melalui WAG (Whatsapp Group) dan Zoom Meeting, menginformasikan contoh video pembiasaan cuci tangan, penggunaan masker dan protokol jaga jarak jika berada di luar rumah atau di tempat umum.

Saat pembelajaran berlangsung siswa merasa senang karena pembiasaan ini mereka praktikkan secara langsung. Selain itu kegiatan ini menggunakan media yang mudah digunakan dan ada di sekeliling mereka serta yang terpenting adalah hal ini memang menjadi kebutuhan kita di masa pandemi seperti masker, sabun cuci tangan, face shield.

Terdapat 3 pembiasaan yang berusaha ditanamkan yaitu :

  1. Pembiasaan mencuci tangan.
  2. Pembiasaan penggunaan masker.
  3. Pembiasaan menjaga jarak.

Beberapa siswa juga menceritakan situasi di lingkungan rumahnya yang berbeda dari biasanya. Mereka merasa tekekang karena dibatasi untuk bermain dan keluar rumah. Ya, itulah dunia mereka memang dunia bermain, tetapi yang terpenting semangat mereka dalam belajar tetap tinggi dengan mengikuti pembelajaran jarak jauh dari rumah dan mengikuti upacara secara virtual.

Peran orang tua siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh ini sangat penting karena mereka membantu siswa dalam melakukan cuci tangan dan penggunaan masker secara langsung, selain itu orang tua juga membantu mendokumentasikan proses belajar peserta didik. Selain itu orang tua siswa juga yang mengontrol keseharian peserta didik setelah pembelajaran ini selesai apakah mereka menerapkan pembiasaan itu dalam kehidupan sehari-hari ditengah pandemi ini. Dengan pembelajaran ini diharapkan siswa mengetahui pentingnya mencuci tangan, penggunaan masker dan menjaga jarak dengan orang lain saat keluar rumah. Gerakan mencuci tangan dan penerapan protokol kesehatan sejak dini sangat penting sebagai antisipasi penularan dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa kita harus berupaya melawan penyebaran dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembiasaan-baru-di-masa-pandemi-covid-19/