(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Kebersamaan Orang Tua Saat Menjemput Anak Pulang Sekolah

Admin disdikpora | 13 September 2023 | 234 kali

PAUDPEDIA — Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, menjemput anak ke sekolah merupakan momen berharga untuk memperkuat hubungan dengan anak. 
Kebersamaan dalam perjalanan dapat membangun kelekatan. Apalagi dengan senyuman dan perhatian penuh Ayah Bunda terhadap si kecil maka semakin menambah keceriaanny sehingga hal menjadi moment penting untuk dukungan emosional sang anak. 

Namun, untuk menjaga kualitas kebersamaan ini maka ada beberapa hal yang perlu Ayah Bunda perhatikan, diantaranya yaiu sebagai berikut:

1.    Tunjukkan ekspresi antusias mendengar cerita anak di sekolah: selama di sekolah mereka mempunyai banyak pengalaman dengan teman-teman dan juga gurunya. Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan saat bertemu orang tuanya ia langsung menceritakan penglamannya. Saat ia bercerita dengarkan dengan seksama, jangan potong pembicaraannya sampai ia selesai mengungkapkan semua perasaannya. 

2.    Berikan dukungan: dukungan yang diberikan bukan berarti harus selalu memuji anak. tetapi orang tua diharapkan lebih bijak menanggapi setiap pengalaman yang diceritakan sang anak. Jika hal itu sebuah kebaikan maka tidak adalah untuk memuji, namun jika pengalaman yang diceritakan adalah tentang kesedihan dan amarah, maka orang tua harus menenangkan dan mencari tahu sumber kesedihannya. Hal ini juga penting untuk mencegah perundungan/bullying pada anak dan juga mencegah kenakalan remaja. 
Contoh:  bertanya dengan pertanyaan terbuka seperti “adek kenapa sedih hari ini? Boleh ceritakan ke ayah/ibu?

3.    Tidak menekan anak: dengan berbagai rutinitas di sekolah anak mungkin sudah menghabiskan banyak energinya. Dengan demikian, sebagai orang tua sebaiknya jangan menekan anak untuk sempurna dalam setiap proses yang dilewati di sekolah. Hindari pertanyaan ang membuat anak merasa dibanding-bandingkan atau di paksa.

4.    Tidak membicarakan masalah di rumah kepada sang anak: jika sebelum menjemput anak ada pekerjaan yang sebelum selesai, jangan jadikan hal itu sebagai alasan untuk mendesak anak untuk buru-buru. Pekerjaan yang tertunda bukanlah tanggung jawab anak, lalu mengapa ia yang menjadi pelampiasan? Saat menjemputnya pulang maka tetaplah berperan sebagai orang tua yang siap dan ada untuknya.

Ayah, Bunda dan Sobat PAUD itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat menjempt anak pulang sekolah. Waktu terus berlalu dan tidak akan dapat diputar lagi, oleh karena itu, jangan lewatkan kebersamaan dengan anak. 

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/kebersamaan-orang-tua-saat-menjemput-anak-pulang-sekolah?ref=MTc5Ni1kYjMyZjcyMA==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=