(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Mengenalkan Sejarah Bangsa Melalui Bermain Peran

Admin disdikpora | 21 September 2023 | 226 kali

PAUDPEDIA–Ayah, Bunda dan Sobat PAUD salah satu strategi penanaman karakter cinta tanah air pada anak usia dini adalah mengenal sejarah perjuangan bangsa. Banyak hal yang bisa dipelajari oleh anak dengan mengetahui sejarah atau kisah perjuangan bangsa diantaranya adalah dapat meneladani sikap patriotisme pahlawan dan menghargai perjuangan para pahlawan.  

Mempelajari sejarah membutuhkan metode dan strategi belajar yang khusus karena selain mengasah pemahaman juga harus mampu membangkitkan daya imajinasi anak. Hal ini dikarenakan anak tidak merasakan atau melihat secara langsung peristiwa tersebut sehingga butuh daya kreativitas guru agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima anak dengan baik. Banyak metode yang bisa digunakan guru dalam mengenalkan sejarah pada anak. Namun untuk anak usia dini diharapkan pengenalan sejarah bangsa dapat dilakukan sesuai dengan karakteristik belajar anak yakni melibatkan seluruh panca Indera dan melalui pengalaman langsung.  

Bermain peran adalah salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengenalkan sejarah perjuangan bangsa kepada anak usia dini. Bermain peran selain melibatkan daya imajinasi anak juga menstimulasi kemampuan kognitif, bahasa, sosial emosi dan fisik anak. Melalui bermain peran diharapkan anak dapat menghadirkan peristiwa yang telah lampau ke dalam karakter yang dimainkan sesuai dengan alur cerita. 
Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan guru dalam menerapkan bermain peran untuk mengenalkan sejarah bangsa, yakni : 
1.    Guru dan anak mencari tahu tentang sejarah atau cerita yang ingin dimainkan bersama. Guru dan anak bisa membaca buku bersama atau menonton video 
2.    Untuk anak usia dini, sejarah atau cerita yang dimainkan dipilih yang sederhana dan menarik yang mampu menampilkan banyak peran sehingga anak bisa memilih peran apa yang ingin dimainkan.      
3.    Siapkan properti atau alat-alat yang mendukung agar anak bisa lebih menghayati peran yang mereka mainkan

Sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/mengenalkan-sejarah-bangsa-melalui-bermain-peran?ref=MTY3Ni0xOWMxNWY2Yg==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=