(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Mengembangkan Kemandirian, Ketahanan (Resilience), Kepercayaan Diri dan Menghargai Diri Sendiri (Self Esteem)

Admin disdikpora | 09 Maret 2023 | 227 kali

PAUDPEDA—Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, usia emas adalah masa yang tepat untuk mengembangkan berbagai kompetensi. Misalnya adalah mengembangkan kemandirian, ketahanan (resilience), kepercayaan diri, menghargai diri sendiri (self esteem). Semuaketerampilan ini sangat berguna untuk membantu kelangsungan hidup anak di masa yang akan datang. Tentu saja keterampilan-keterampilan ini perlu dikembang dengan cara tepat ssuai dengan kharakteristik perkembangan anak. Lebih jelasnya mari kita simak beberapa tips berikut ini yang dapat Ayah Bunda dan Sobat PAUD terapkan:

1. Biarkan mereka membantu pekerjaan sehari-hari, melibatkan anak untuk membantu pekerjaan sehari-hari ini bagus untuk melatih kemandirian mereka. Misalnya menyapu rumah, merapikan tempat tidur atau sekedar menata ruang tamu. Biasanya saat ananda melihat orang dewasa melakukan pekerjaan ini mereka juga ingin ikut melakukannya. Maka, sebaiknya manfaatkan minat ini untuk anada dapat meniru Ayah, Bunda dan Sobat PAUD saat melakukan pekerjaan sehari-hari ini.

Hanya saja perlu diketahui bahwa saat mereka melakukan pekerjaan ini, orang tua harusmenghargai proses yang mereka lalui untuk melatih perkembangannya. Jadi sebaiknya hindari memaksakan hasil yang maksimal pada ananda, karena bagimanapun standar kerapihan, kebersihan dan kecepatan Ayah Bunda belum sesuai dengan kemampuan Ananda untuk melakukan hal yang sama. Tetap berikan pujian atas segala usaha anada. Hal ini akan memberikan rasa pencapaian dan kemandirian dalam diri anada.

2. Biarkan mereka bermain secara mandiri dan menemukan tantangannya sendiri. Ini akan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, dan mengenalkan anak perasaan frustasi dan pantang menyerah. 

Sobat PAUD, selama kita memang sudah sering membahas pentingnya bermain untuk ananda. Namun, yang perlu kita sepakati bersama adalah bahwa saat bermain anak perlu diberikan keleluasaan untuk menemukan dan menyelsaikan tantangannya sendiri. Saat bermain mungkin saja mereka menumukan masalah-masalah tersendiri, tapi masalah dan tantangan itulah Ananda belajar menyelesaikan masalah, berpikir kritis, berpikir kreativ dan membangun sikap pantang menyerah. Namun bukan berarti Sobat PAUD mengabaikan ananda yaaa…Sobat PAUD tetap harus mendampingi, mengawasi untuk menjaga keamanan dan keselamatn bermain. 

3. Bantu Ananda mengatasi perasaan nya jika terlihat mentok (stuck). Lalu, biarkan mereka mengikuti minatnya kembali setelah Sobat PAUD membantunya. Respon dan komentaridengan positif apa yang telah dilakukan dan puji upayanya. Ini akan memvalidasi apa yang sudah Ananda lakukan dan membantunya mengembangkan kemampuan rasa percaya diri dan tanpa keraguan.

Penulis?: Dona Paramita

Editor??: Ifina Trimuliana

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/mengembangkan-kemandirian-ketahanan-resilience-kepercayaan-diri-dan-menghargai-diri-sendiri-self-esteem?ref=MTM3My1kYTVlOTdmZmY1OTA=&ix=NDctNGJkMWM0YjRhZDEw