(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Mengajak Anak Usia Dini Mengolah Sampah Menjadi Karya Seni

Admin disdikpora | 08 April 2022 | 1943 kali

PAUDPEDIA – Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, mengembangkan kreativitas anak usia dini tidak melulu menggunakan bahan pabrik yang dibeli di pasaran, namun bisa dengan memanfaatkan bahan yang ada di lingkungan sekitar, salah satunya yaitu mengolah sampah menjadi karya seni yang memiliki nilai guna. Tentu hal ini tidak terlepas dari peran orang tua dalam mengajaknya. Bagaimana caranya? Mari kita bahas berikut ini:

  1. Di zaman sekarang jumlah sampah semakin meningkat bahkan di penampungan sampah sudah melebihi batas, maka dari itu untuk mengurangi sampah lebih baik diolah menjadi bahan yang kreatif dan bermanfaat. Selain itu anak usia dini juga bisa diajak cara mengolah sampah menjadi karya seni kreatif seperti botol plastik bisa digunakan sebagai pot bunga yang digantung di dinding atau di pagar rumah.
  2. Membiasakan anak mengolah sampah untuk membentuk pemikirannya menjadi lebih baik, kreatif dan mampu menciptakan hal-hal yang baru dari hasil mengolah sampah. Oleh karena itu orangtua harus lebih semangat ketika mengajak membuat karya melalui sampah yang masih bisa digunakan, dengan demikian anak menjadi semangat pula dalam membuat karya hasil olahan dari sampah.
  3. Mengajak untuk memanfaatkan sampah di sekitar lingkungan untuk bisa diolah kembali menjadi karya-karya yang menarik bagi anak. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan dalam membuat karya sebagai koleksi tersendiri bagi mereka.
  4. Menjadikan sampah menjadi media pembelajaran seperti membuat puzzle angka dari sampah kertas, menyusun botol plastik yang sudah tidak terpakai menjadi tempat alat tulis. Hal ini bagus untuk membantu anak dalam memahami bahwa penggunaan plastik tidak hanya digunakan untuk minum tetapi bisa juga digunakan membuat karya yang unik seperti tempat untuk menyimpan barang.
  5. Ajak anak membuat kerajinan tangan dari koran bekas maupun  kaleng-kaleng yang sudah tidak dipakai. Selain itu orangtua harus membiasakan kepada anak usia dini agar membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan terhindar dari penyakit.

Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, demi mengurangi jumlah sampah yang terus meningkat, maka dari itu perlu membiasakan anak  sedini mungkin untuk mengelola sampah agar menjadi barang yang bermanfaat dan berguna serta melatih kreatifitas pada anak. Memberikan pemahaman tentang pentingnya pengolahan sampah serta dampak buruk yang ditimbulkan. Jika anak usia dini mengolah sampah maka akan mengurangi pencemaran lingkungan di masa kini dan masa depan sehingga lingkungan menjadi semakin lebih baik.

Mengolah  sampah menjadi  karya seni merupakan sebuah rasa kepedulian terhadap lingkungan yang dilakukan oleh anak sejak usia dini. Oleh karena itu orangtua harus mengajak anak usia dini untuk mengolah sampah menjadi bahan yang bermanfaat dan dapat mengurangi jumlah sampah yang terus meningkat.

Penulis          : Muhammad Furqan Ashshidieqy

Editor            : Ifina Trimuliana

Kurator         : Retno Wulandari      

  Referensi :

Douglas Lober. 2017. Kids Super Guide to Recycling. Rause this bag.com. https://www.reusethisbag.com/articles/kids-guide-to-recycling

The Empowered Educator . Recycling with children – easy ideas to get them involved!. https://www.theempowerededucatoronline.com/2015/04/recycling-with-children-easy-ideas-to-get-them-involved.html/

Hansen, H., & Yuliawati, R. (2019). Pendidikan Kesehatan Pengelolaan Sampah Sejak Usia Dini di SDN 015 Samarinda Ulu. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 234. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3316