(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

menggali bakat dan minat siswa ditengah pandemi covid 19

Admin disdikpora | 10 Mei 2022 | 40 kali

Menggali Bakat dan Minat Anak di Tengah Pandemi Covid 19

Adanya virus corona yang menyebar di Indonesia menyebabkan banyak penduduk yang terinfeksi virus ini. Sebagai upaya pemerintah dalam memutus rantai penularan covid19 maka kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara online atau dalam jaringan (daring). Kegiatan daring tentu sesuatu yang baru dalam kegiatan pembelajaran, ada banyak kendala serta hambatan dalam pelaksanaannya. Pelaksanaan kegiatan daring membutuhkan kerjasama antara orangtua, guru serta siswa. Pada pelaksanaan daring, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan diantaranya: jadwal yang fleksibel karena faktor orang tua bekerja, tidak memberatkan dan membebani orang tua dan siswa dalam memberikan tugas, kegiatan yang bermakna, serta berdasarkan karakteristik anak.

Sebelum memberikan pembelajaran ada beberapa hal yang perlu dilakukan yakni melihat kemampuan siswa selama kegiatan tatap muka untuk membuat program selama belajar di rumah. Sebagai guru kelas untuk anak dengan hambatan autis, guru berusaha untuk memberikan pembelajaran yang variatif agar siswa tidak mudah bosan dan mau untuk mengikuti pembelajaran. Di sela kegiatan belajar membaca, berhitung, serta akademik lainnya, guru memberikan tugas sekaligus menggali bakat dan minat anak. Salah satunya dengan memberikan tugas pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan materi mengenal gambar ekspresif.

Siswa di kelas ini merupakan siswa kelas 1 dengan kekhususan autis. Siswa mempunyai hobi menggambar namun selama 1 semester kegiatan tatap muka siswa hanya mau menggambar gambar beruang saja. Pada akhir minggu kegiatan daring, guru memberikan tugas kepada siswa melalui orangtua untuk melihat video animasi di youtube. Kemudian siswa diminta untuk menggambar tokoh yang terdapat dalam video. Beberapa kali diberikan tugas menggambar sesuai dengan keinginannya, siswa sudah mulai menggambar beraneka ragam animasi.

Teknik penilaian dilakukan melalui orang tua mendokumentasikan gambar serta dikirim kepada guru melalui aplikasi WhatsApp. Harapan guru, bakat anak dalam bidang menggambar ini bisa terus dikembangkan dimasa yang akan datang. Bakat anak ini akan disalurkan ke berbagai kegiatan yang berkaitan dengan menggambar dan menghasilkan sebuah karya yang dapat bermanfaat bagi kehidupan anak kelak. Keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran daring ditengah pandemi ini tentu adanya kerjasama yang baik antara anak dan orangtua.

Sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/menggali-bakat-dan-minat-siswa-ditengah-pandemi-covid-19/