(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Aksi Nyata Budaya Positif Calon Guru Penggerak

Admin disdikpora | 20 Desember 2021 | 4429 kali

Diterbitkan : 8 Desember 2021 15:47

Sumber : https://lms21-gp.simpkb.id/mod/icontent/view.php?id=130888

Penulis : FITRIA WAHYUNINGSIH

Aksi Nyata Budaya Positif


Apa itu Budaya Positif


Kegiatan kegiatan yang positif, kegiatan yang mampu menciptakan suasana lingkungan sekolah yang menyenangkan. Budaya positif diharapkan mampu membuat siswa merasa nyaman dan aman ketika berada di lingkungan sekolah sehingga pembelajaran akan lebih mudah diterapkan dan diterima murid.


Perasaan Selama Melakukan Budaya Positif di Lingkungan Kelas


Perasaan saya sebagai calon guru penggerak dalam mewujudkan budaya positif sangatlah senang, untuk mewujudkan budaya positif maka saya harus berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti: Kepala sekolah, Guru, dan Murid.


Tahapan dalam Mewujudkan Budaya Positif


Dalam mewujudkan budaya positif, pasti saya tidak bisa melakukannya sendiri. Banyak pihak yang saya libatkan dalam mewujudkan ini semua. Sebelum saya mewujudkan budaya positif di sekolah maka hal yang saya lakukan adalah berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada rekan sejawat. Kegiatan ini dilakukan agar semua warga sekolah terutama kepala sekolah dan guru mempunya satu tujuan yang sama atau mempunyai sudut pandang yang sama. Dalam kegiatan ini pula, saya meminta guru-guru untuk mampu menuangkan ide atau gagasan mereka terkait budaya positif apa yang akan diwujudkan di lingkungan sekolah. Selain berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan rekan sejawat, tentu saja saya melakukan kegiatan dengan murid kelas saya yaitu membuat keyakinan kelas. Keyakinan kelas ini diharapkan dapat menunjang agar budaya positif bisa terlaksana dengan baik.


Tantangan dalam Mewujudkan Budaya Positif


Setiap kegiatan pasti akan mendapatkan tantangan atau hambatan di lapangan, hambatan tersebut bisa datang dari pihak yang tidak terduga. Tantangan atau hambatan yang saya alami di lapangan yaitu mengajak semua guru untuk ikut serta dalam mewujudkan budaya positif. Namun hal tersebut bukanlah sebuah penghalang yang membuat saya untuk tidak melanjutkannya. Tantangan atau hambatan tersebut harus kita jadikan motivasi. Perlu di ingat bahwa untuk mewujudkan budaya positif, fokuslah dengan orang-orang atau rekan sejawat yang satu pemikiran atau mempunyai tujuan yang sama dalam mewujudkan budaya poistif. Namun, bukan berarti kita mengabaikan rekan sejawat yang tidak sepaham dengan kita.

Sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/aksi-nyata-budaya-positif-calon-guru-penggerak/