(0362) 22442 disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
10 Tips Belajar Di Rumah tahun 2021
Admin disdikpora | 10 Juni 2021 | Dibaca 289 kali

Pelajar di seluruh Indonesia dapat menggunakan setidaknya 10 platform pembelajaran online atau online. Hal ini untuk membantu para siswa belajar saat melakukan pembelajaran jarak jauh terkait kebijakan pemerintah akibat penyebaran virus corona. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI bekerja sama dengan berbagai platform untuk menyediakan aplikasi pembelajaran online. Dengan meluncurkan situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, terdapat 10 platform atau aplikasi tempat siswa dapat belajar di rumah. Aplikasi ini merupakan bentuk gabungan untuk mencegah virus korona.

 

1.   Rumah Belajar Rumah

Rumah belajar adalah aplikasi pembelajaran online yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan alternatif sumber belajar melalui pemanfaatan teknologi. Terdapat berbagai fungsi seperti sumber belajar, laboratorium virtual, ruang kelas digital, bank soal, buku teks elektronik, peta budaya, karya bahasa dan sastra, dan fungsi lain yang dapat digunakan oleh guru dan siswa.

link https://belajar.kemdikbud.go.id/

 

2.   Meja Kita

Pengenalan informasi dilakukan berdasarkan topik, dan terdapat area diskusi untuk tanya jawab. MejaKita menyediakan materi pembelajaran gratis dan lengkap mulai dari sekolah dasar dan menengah, serta ribuan catatan yang telah diunggah oleh siswa di komunitas siswa di seluruh Indonesia. MejaKita mendukung siswa yang harus belajar di rumah untuk dapat mendiskusikan pekerjaan rumah, pertanyaan dan tugas, serta berbagi catatan dan materi pembelajaran lainnya. Link https://mejakita.com/

 

3.   Icando I

Cando adalah aplikasi pendidikan anak dengan rencana pembelajaran berdasarkan revisi kurikulum tahun 2013. Kurikulum tersebut dikembangkan secara penuh untuk ratusan permainan kecil dan dapat meningkatkan motivasi belajar anak jenjang PAUD. Unduh dan mainkan ICANDO sekarang (bit.ly/appicando).

 

4.   IndonesiaX

IndonesiaX memiliki segudang pengalaman dan dapat memberikan kesempatan belajar kepada masyarakat melalui kursus berkualitas yang diberikan oleh dosen-dosen terbaik tanah air. Sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2015, IndianX telah berkomitmen untuk mengurangi kesenjangan pendidikan di negara tersebut dengan menyediakan kursus online gratis, sehingga meningkatkan tingkat kecerdasan negara tersebut.

 

5.   Google for Education

Untuk mendukung pembelajaran online, terutama yang diterapkan di berbagai wilayah pada pandemi Covid-19, Google for Education menyediakan layanan menggunakan Chromebook dan G-Suites, memungkinkan pembelajaran virtual bahkan ketika koneksi internet rendah .

Link https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/

 

6.   Kelas Pintar

Smart Class/kelas pintar adalah penyedia sistem pendukung pendidikan di era digital, yang menggunakan teknologi terbaru untuk membantu siswa dan guru menciptakan praktik pengajaran terbaik. Smart Class telah digunakan di Singapura, UEA, India, dan Afrika Selatan. https://www.kelaspintar.id/

 

7.   Quipper School

Quipper School menyediakan metode pembelajaran inovatif untuk pengajaran dan pembelajaran. Platform ini dengan mudah mendukung guru untuk mengelola pekerjaan rumah dan pekerjaan rumah dengan lebih efektif. Oleh karena itu, guru dapat lebih mudah mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa. Link https://www.quipper.com/id/school/teachers/

 

8.   Ruangguru

Ruangguru adalah layanan pembelajaran berbasis teknologi yang mencakup layanan kursus virtual, platform ujian online, video pembelajaran berlangganan, pasar les privat, dan konten pendidikan lainnya yang dapat diakses melalui website dan aplikasi Ruangguru. Selama pandemi covid-19, Ruangguru menawarkan sekolah online gratis. Di aplikasi Ruangguru, ada 250 video dan modul pelatihan guru yang tersedia untuk digunakan bulan depan.

Link https://sekolahonline.ruangguru.com/

 

9.   Sekolahmu

Dalam program “Pembelajaran Tanpa Batas”, Sekolahmu menayangkan tema secara real time pada level yang disediakan. SekolahMu telah mengembangkan kemampuan setiap anak dari segala usia dan tingkatan. SekolahMu adalah simpul kolaboratif dari ratusan sekolah dan organisasi terencana yang dapat menyediakan RPP sesuai kebutuhan Anda.

Link https://www.sekolah.mu/belajar-tanpa-batas/

 

10.   Zenius

Zenius menyediakan video materi pembelajaran lengkap untuk mata prlajaran KTSP, mata pelajaran 2013, dan mata pelajaran revisi 2013 dengan menyediakan ribuan video materi pembelajaran lengkap untuk, SMP dan SMA. Selain itu, mahasiswa dapat mengakses materi pembelajaran secara lengkap untuk persiapan UNBK, UTBK, SPMB STAN, SIMAK UI dan UTUL UGM. Konten yang disediakan oleh program ini dapat diakses secara gratis.

sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/10-tips-belajar-di-rumah-tahun-2021/

Share Berita Ini :


Berita Terpopuler