(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Bawa Bekal atau Membeli Makanan di Sekolah: Mana yang Lebih Baik?

Admin disdikpora | 04 September 2023 | 1294 kali

Sekolah adalah tempat di mana anak-anak belajar tidak hanya pengetahuan akademis, tetapi juga kebiasaan sehari-hari yang akan membentuk masa depan mereka. Salah satu keputusan kecil yang sering dihadapi orang tua adalah apakah mereka harus membiarkan anak-anak membeli makanan di kantin sekolah atau memberikan bekal dari rumah. Dalam artikel ini, kita akan membahas pro dan kontra dari keduanya untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Membeli Makanan di Kantin Sekolah

Keuntungan:

1. Pilihan Makanan yang Lebih Lengkap: Kantin sekolah seringkali menawarkan beragam makanan, mulai dari hidangan utama hingga camilan ringan. Ini memberikan anak-anak lebih banyak pilihan dalam makanan mereka.

2. Kenyamanan: Membeli makanan di kantin lebih praktis, terutama jika orang tua sibuk dan tidak memiliki waktu untuk menyiapkan bekal setiap hari.

3. Sosialisasi: Kantin sekolah bisa menjadi tempat di mana anak-anak bertemu teman-teman mereka dan berinteraksi. Ini bisa memperkuat hubungan sosial mereka.

Kerugian:

1. Kurangnya Kontrol: Orang tua memiliki sedikit kendali atas jenis makanan yang anak-anak mereka makan di kantin sekolah. Ini bisa berarti anak-anak terpapar pada makanan yang kurang sehat.

2. Biaya yang Tidak Terduga: Membeli makanan di kantin bisa lebih mahal dalam jangka panjang daripada menyiapkan bekal dari rumah.

Membawa Bekal dari Rumah

Keuntungan:

1. Kontrol Nutrisi: Dengan memberikan bekal dari rumah, orang tua memiliki kontrol penuh atas jenis makanan dan nutrisi yang diberikan kepada anak-anak. Ini memungkinkan untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan makanan yang sehat.

2. Penghematan Biaya: Menyediakan bekal dari rumah seringkali lebih ekonomis daripada membeli makanan di kantin setiap hari.

3. Pengurangan Risiko Alergi atau Diet Khusus: Jika anak memiliki alergi makanan atau memerlukan diet khusus, memberikan bekal dari rumah adalah cara terbaik untuk memastikan keamanan dan kepatuhan mereka.

Kerugian:

1. Persiapan Waktu: Menyiapkan bekal dari rumah memerlukan waktu dan usaha tambahan dari orang tua.

2. Kurangnya Variasi: Anak-anak mungkin bosan dengan makanan yang sama setiap hari jika mereka selalu membawa bekal.

3. Sosialisasi Terbatas: Anak-anak yang membawa bekal mungkin kehilangan kesempatan untuk bersosialisasi dengan teman-teman mereka di kantin.

Kesimpulan:

Pilihan antara membawa bekal atau membeli makanan di kantin sekolah tergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan nutrisi anak, dan gaya hidup keluarga. Idealnya, solusi terbaik adalah mencari keseimbangan antara keduanya. Anda bisa mengizinkan anak-anak membeli makanan di kantin beberapa hari dan memberikan bekal dari rumah pada hari-hari lainnya.

Hal yang paling penting adalah memastikan bahwa anak-anak mendapatkan makanan yang seimbang dan sehat, serta memahami kebutuhan dan preferensi mereka. Komunikasi dengan anak-anak tentang pentingnya pola makan sehat juga dapat membantu mereka membuat pilihan makanan yang bijak, baik di kantin maupun saat membawa bekal dari rumah.

 sumbe foto : https://tribunnews.com/

diolah dari berbagai sumber : 

wikipedia

kemdikbud.go.id