(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SAINS SEDERHANA UNTUK ANAK USIA DINI

Admin disdikpora | 09 Mei 2022 | 14 kali

Diterbitkan:13 April 2022 11:55
Sumber:https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/sifat-sifat-air. https://edukasi.kompas.com/read/2020/
Penulis:INDAH DWI AGUSTINA
RPP Terkait:MEMBUAT AIR MANCUR SEDERHANA

Bermain sais pada anak usia dini adalah salah satu kegiatan untuk mengembangkan aspek perkembangan dan potensi yang dimiliki anak. Pembelajaran sains melatih kemampuan anak untuk mengenal berbagai gejala benda dan gejala peristiwa. Anak dilatih untuk melihat, meraba, membau, merasakan mendengar dan mengecap. Semakin banyak keterlibatan indra dalam belajar, anak semakin memahami apa yang di pelajari. Anak memperoleh pengetahuan baru dari hasil penginderaaannya dalam berbagaai benda yang ada di sekitarnya.

Dengan kegiatan pembuatan air mancur sederhana ini diharapkan peserta didik dapat memahami manfaat air dan sifat-sifat air. Diantara sifat-sifat air antara lain 

1. Dapat berubah wujud

Untuk anak Usia Dini perubahan wujud air dapat di contohkan dengan contoh perubahan air menjadi es ketika di dinginkan. Es adalah benda padat,perubahan benda dari cair menjadi padat dapat menjadi contoh yang sangat sederhana dan mudah di pahami oleh anak-anak.

2.Mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah.

Untuk contoh yang mudah bagi pendidik untuk menjelaskan di ambil contoh air yang mengalir dari botol ke tanah, jadi air akan mengalir menuju ke tempat yang lebih rendah, hal ini sesuai dengan gaya gravitasi bumi yakni berpindah dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah.

3.Meresap melalui celah-celah.

Untuk memahami sifat air meresap melalui celah-celah di contohkan air dituangkan ke busa. sehingga terlihat jelas peresapan air yang terjadi.

4. Permukaan tenang / datar.

Sifat yang dimiliki oleh air selanjutnya adalah bahwa air mempunyai permukaan yang tenang dan juga bersifat datar, hal ini dapat kita amati dari air yang ada di dalam botol terlihat datar dan tenang.

5. Menekan ke segala arah.

Sifat air yang terakhir adalah dapat menekan ke segala arah. Seperti yang terjadi pada peristiwa pembuatan air mancur sederhana, air mendapat tekanan udara dari balon yang di tiup sehingga air bisa menekan ke segala arah melewati pipa / sedotan yang sudah di pasang.

Melalui eksperiman sederhana ini diharapkan peserta didik memiliki pengalaman belajar yang baru dan berkesan pada diri anak. Mereka akan lebih paham dan mengerti jika melalui praktik langsung. Bahan yang di gunakan pun sangat mudah di dapat dan sederhana.

sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/sains-sederhana-untuk-anak-usia-dini/