(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Melibatkan Anak dalam Percakapan

Admin disdikpora | 05 Januari 2024 | 636 kali

PAUDPEDIA — Ayah, Bunda dan Sobat PAUD salah satu cara agar kemampuan berbicara anak dapat berkembang dengan baik adalah memperkaya lingkungan sekitar anak dengan Bahasa. Lingkungan kaya bahasa adalah lingkungan dimana anak-anak dikelilingi oleh percakapan, menyanyi, cerita sehingga anak memiliki banyak kesempatan dalam mengungkapkan keinginan ataupun perasaannya untuk berkomunikasi dengan orang lain dan terlibat dalam percakapan dua arah. Karena kemampuan berbicara akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan menyimak. 

Lingkungan bahasa yang kaya, penting bagi pembelajaran awal anak-anak, dan hal ini dapat berdampak besar pada perkembangan yang lain seperti penguasaan  kosa kata, pemahaman, membaca awal serta keterampilan lain seperti berpikir kritis dan kreatif.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan oleh orang tua maupun guru untuk membantu kemampuan berbicara anak , yaitu : 

1.    Berbicara dengan menyamakan posisi tubuh dan menatap mata anak. 

2.    Dengarkan dan perhatikan anak saat berbicara walaupun kata-kata yang dikeluarkan belum sempurna namun kitab isa memperhatikan bahasa tubuh, ekpresi wajah, tatapan ataupun senyuman anak.

3.    Berbicaralah secara bergantian. Berikan anak kesempatan atau waktu untuk berbicara menyampaikan apa yang ada dalam pikiran atau keinginnnaya tanpa memotong atau menyimpulkan pembicaraan anak.

4.    Menggunakan kosa kata yang sebenarnya. Banyak anak menyebutkan suatu objek dengan tdak utuh dan menggunakan bahasa khas anak-anak, tetapi sebaiknya orang dewasa tetap menggunakan kosa kata yang sebenarnya saat berkomunikasi dengan anak.

5.    Saat bersama anak bicarakan semua hal yang sedang mereka lakukan, lihat ataupun situasi yang terjadi di sekitar anak. 

6.    Ajukan pertanyaan yang berkaitan dengan apa yang anak alami atau hal yang anak sukai

7.    Berikan anak waktu untuk merespon percakapan yang sedang anda bangun, seperti anggukan, senyuman, atau celotehan.

8.    Dalam melakukan percakapan pastikan orang tua memperhatikan ekspresi wajah dan Gerakan tubuh anak untuk memastikan pemahaman dan keterlibatan anak dalam percakapan.

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/melibatkan-anak-dalam-percakapan?ref=MTc5Ny01MWZiOTRlZA==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=