(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Komponen Suksesnya PAUD Inklusif

Admin disdikpora | 03 Oktober 2023 | 336 kali

PAUDPEDIA – Ayah, Bunda dan Sobat PAUD kebutuhan akan Pendidikan inklusif dimana setiap anak bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa mendapatkan Pendidikan berkualitas sejak dini semakin meningkat. Pendidikan inklusif menjadi salah satu respon untuk mengakomodir keragaman dan kebutuhan individu untuk mendapatkan pendidikan yang setara agar potensi anak berkembang secara optimal. 

Dalam pelaksanaannya Pendidikan inklusif tentu memiliki berbagai kendala, mulai dari pemahaman pendidik terhadap kebutuhan setiap peserta didik yang masih minim hingga dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitar yang kurang maksimal. Agar Pendidikan inklusif terutama di Lembaga PAUD dapat berjalan dengan baik ada beberapa komponen yang harus diperhatikan oleh penyelenggara Pendidikan, yakni antara lain: 

1.    Aksesbilitas. PAUD Inklusif hendaknya mampu menyediakan akses bagi semua anak dalam memanfaatkan alat main, mengeksplorasi lingkungan, serta berbagai aktivitas. Desain lingkungan main hendaknya bersifat universal dan dapat dijangkau oleh bermacam kondisi anak yang berbeda. Di berbagai situasi, guru dapat memodifikasi alat main ataupun perlengkapan agar dapat digunakan oleh anak didiknya. Selain itu, disain lingkungan yang universal juga memungkinkan daya jangkau anak menjadi terfasilitasi. Penggunaan teknologi jika diperlukan juga dapat menambah daya akses anak-anak berkebutuhan khusus. 

2.    Partisipasi.  Guru dapat memberikan dukungan untuk semua peserta didik baik bagi anak berkebutuhan khusus, maupun anak pada umumnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan di sekolah. Hal demikian memungkinkan tercapainya perkembangan sosial emosional anak yang optimal, yang mencerminkan karakteristik dari PAUD Inklusif yang berkualitas. 

3.    Dukungan lingkungan.  Bentuk dukungan bagi anak berkebutuhan khusus di PAUD Inklusif merupakan kerjasama dari semua pihak yang terkait. Berbagai pihak yang diharapkan dapat saling membantu adalah orangtua, terapis, guru, pihak sekolah, dan profesi lain sehingga diperoleh hasil yang optimal.

SUMBER : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/komponen-suksesnya-paud-inklusif?ref=MTgwMi05ODE1OGE3Mw==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=