(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PERAN ORANG TUA DALAM MENGAWASI TONTONAN ANAK USIA DINI

Admin disdikpora | 10 Mei 2023 | 253 kali

PAUDPEDIA — Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, saat ini teknologi semakin canggih dan berkembang sangat cepatSalah satunya tontonan yang semakin banyak beredar mulai dari tontonan anak usia dini hingga tontonan dewasa. Penting bagi orang tua untuk mengawasi anak usia dini agar tidak menonton tontonan yang melebihi usianya. Menonton tayangan televisi maupun gawai yang tidak sesuai usia bisa mempengaruhi pola pikir anak. Untuk mencegah hal itu, mari kita bahas peran orangtua dalam mengawasi tontonan anak usia dini sebagaimana berikut ini :

  1. Berikan tontanan edukatif untuk anak. Pastikan tayangan yang di tonton bukan hanya menghibur tetapi memiliki nilai edukasi untuk perkembangan anak. Orangtua perlu memastikan agar tayangan yang ditonton aman untuk anak, karena tidak bisa dipungkiri banyak tayangan yang belum sesuai dengan usia anak. Tontonan yang tidak sesuai akan menjadi berbahaya terhadap perkembangan anak, terutama dalam pembentukan karakter anak.
  2. Berikan tontonan yang sesuai dengan tahapan usia anak. Maka dari itu orangtua perlu mengawasi tontonan anak usia dini untuk mencegah anak usia dini terhindar dari tontonan yang tidak sesuai dengan yang seharusnya menjadi tontonan mereka. Misalnya Ayah Bunda dapa memberikan tontonan kartun/animasi yang memiliki pesan-pesan positif untuk anak.
  3. Batasi waktu menonton anak. Orangtua memberikan batas waktu tontonan anak usia dini agar tidak berlebihan. Jika tidak dibatasi anak menjadi ketergantungan dengan tontonan tersebut sehingga dapat mengganggu kesehatan mata dan perkembangan fisik anak karena jarang beraktivitas.
  4. Memberikan tontonan yang merujuk dengan kegiatan sehari-hari anak usia dini agar mudah diterapkan oleh anak usia dini. Orangtua tidak memberikan tontonan yang dapat membuat anak usia dini menjadi bosan. Jika anak usia dini sudah mulai bosan membuat semangatnya akan hilang dan anak menjadi lesu. Oleh karena itu berikanlah tontonan yang dapat menumbuhkan semangat dan kenyamanan saat anak menonton tontonan tersebut.

Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, dengan tontonan yang semakin banyak, orang tua sangat berperan penting dalam mengawasi anak agar tayangan tersebut tidak menggangung proses tumbuh kembang anak.

Penulis   : Muhammad Furqan Ashshidieqy
Editor   : Ifina Trimuliana
Kurator   : Retno Wulandari

Referensi :

Dhin, C. N. (2020). Pengawasan Orang Tua Terhadap Tontonan Televisi Dan Pengaruhnya Terhadap Kedisiplinan Anak. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 6(1), 135–150. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/equality/article/view/6508

Helm, A. F., & Spencer, R. M. C. (2019). Television use and its effects on sleep in early childhood. Sleep Health, 5(3), 241–247. https://doi.org/10.1016/j.sleh.2019.02.009

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/peran-orang-tua-dalam-mengawasi-tontonan-anak-usia-dini?ref=ODQ5LTIyZTRiYmVh&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=