Pentingnya Masa Pengenalan
Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Anak
PAUDPEDIA—Ayah, Bunda dan Sobat
PAUD, memasuki tahun ajaran baru adalah hari dimana sangat mendebarkan bagi
anak
tidak hanya anak tetapi juga
orang tua.
Orang tua harus bisa memastikan
bahwa anaknya merasa nyaman dan aman di lingkungan baru. Untuk itu setiap
satuan
pendidikan perlu mempersiapkan
dan melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Saat MPLS anak dan
orang tua akan mengenali lingkungan
belajarnya yang baru, dan guru juga dapat mengetahui profil awal mengenai
kemampuan
yang telah dimiliki atau yang
masih perlu dilanjutkan pembinaannya melalui asesmen awal. Oleh karena itu,
MPLS bukanlah
proses yang berakhir di sekolah
saja, tetapi lebih dari itu perlu peran orang tua untuk mempersiapkan anaknya
mulai dari
rumah. Adapun manfaat dari
rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam MPLS bagi anak sebagai berikut
1. Membantu Anak untuk
Beradaptasi
Bagi Sebagian besar anak PAUD ini
merupakan hal pertama bagi mereka jauh dari orang tua dalam waktu yang cukup
lama. MPLS ini membantu anak
untuk mengenal lingkungan sekolah baru, teman-teman baru, guru-guru baru, dan
tentunya kebiasaan yang baru.
Proses ini berperan penting untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak
2. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri
MPLS dilaksanakan dengan kegiatan
dan aktivitas yang menyenangkan seperti bernyanyi, bermain, bercerita dan lain
sebagainya. Ini juga membantu
anak untuk mengepresikan diri, mengembangkan kepercayaan diri dan keyakinan
dalam
kemampuan diri anak sendiri
3. Mengembangkan Keterampilan
Sosial
Dalam MPLS ada rangkaian kegiatan
yang akan melibatkan interaksi anak dengan guru dan juga teman-temannya.
Interaksi yang terjadi selama
kegiatan dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan sosial mereka.
Mereka akan belajar bagaimana
berinteraksi, berkomunikasi, berbagi, dan juga bekerjasama dengan
teman-temannya
4. Mengurangi Rasa Cemas
MPLS dilaksanakan agar anak
mengenal lingkungan barunya sehingga dapat membantu anak untuk merasa lebih
nyaman dan percaya diri dalam
beraktivitas. Jika anak sudah merasa nyaman dan terbiasa untuk beraktivitas di
lingkungan barunya, tentu saja
hal itu akan mengurangi rasa cemas yang ada
5. Membangun hubungan orang tua
dan guru
Tujuan dari MPLS tidak hanya
untuk membantu anak untuk mengenali lingkungan barunya, tetapi juga untuk orang
tua
dan warga sekolah terutama guru
dapat saling mengenal melalui rangkaian kegiatan yang dirancang oleh satuan
pendidikan. MPLS terbagi atas dua
bagian, yang pertama bertujuan agar anak dan orang tua dapat mengenal
lingkungan
sekolah. Sekolah perlu
mempersiapkan rangkaian kegiatan bersama dengan orang tua dan anak pada tiga
hari pertama,
sehingga anak dan juga orang tua
dapat mengenali seperti apa lingkungan dimana anaknya akan belajar.
Bagian kedua, dirancang dengan
kegiatan-kegiatan yang dapat menggali kemampuan anak dengan asesmen awal yang
tentunya tidak dalam bentuk tes,
dengan begitu pihak sekolah khususnya guru dapat mengenali profil awal anak. Di
akhir
MPLS pihak sekolah dan orang tua
dapat bertemu dan membicarakan hasil asesmen awal berupa profil awal anak,
sehingga baik orang tua di rumah
maupun guru di sekolah dapat berkolaborasi dalam perannya masing-masing untuk
maksimal pembinaan kemampuan
fondasi anak-anaknya
Masa pengenalan lingkungan
sekolah bukanlah sekedar rutinitas awal sekolah, melainkan langkah yang sangat
penting untuk
menyiapkan mental, sosial
emosional anak dalam menghadapi dunia baru dan juga membantu guru untuk
mengenali profil awal
setiap murid. Oleh karena itu
pelaksanaan MPLS harus dipersiapkan secara matang dan berlangsung menyenangkan.
MPLS
tidak hanya bagi anak dan guru
tetapi juga momen yang sangat penting bagi orang tua untuk menunjukkan dukungan
dan
motivasi untuk anak-anaknya.
Sumber ; https://paudpedia.kemendikdasmen.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/pentingnya-masa-pengenalan-lingkungan-sekolah-mpls-bagi-anak?ref=MjQwMC0xODBiNjk0Mg&ix=NDctNGJkMWM0YjQ