(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Anak Malas Sekolah? Berikut Cara Mengatasinya!

Admin disdikpora | 09 April 2018 | 5038 kali

Anak Anda sering malas berangkat sekolah? Banyak orang tua yang kewalahan menghadapi masalah ini. Memarahi mereka bukanlah solusi. Bukan tidak mungkin malah bisa menimbulkan masalah baru.

Menanggapi anak yang malas sekolah, sebelum mencari solusi yang tepat, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan anak malas sekolah:

Merasa takut

Rasa takut anak dipicu oleh beragam hal, seperti takut kepada guru, teman maupun pihak lainnya yang berada di lingkungan sekolah. Bahkan bisa disebabkan oleh pelajaran yang tidak disukainya. Akibatnya anak menjadi malas sekolah.

Kurang perhatian

Perhatian merupakan salah satu aspek penting yang menjadi kebutuhan pribadi anak. Kurangnya perhatian bisa terjadi di rumah, lingkungan keluarga maupun di sekolah. Mulai dari guru hingga teman-temannya. Akibatnya anak merasa terkucilkan, seolah tak ada perhatian untuknya. Anak pun tidak memiliki motivasi ataupun semangat untuk berangkat sekolah.

Orang tua yang terlalu keras

Tak sedikit orang tua yang mendidik anaknya seenaknya, sesuai metode yang diinginkannya, bahkan bisa dikatakan kurang tepat. Membimbing dengan sikap keras serta senantiasa menuntut lebih menjadi beban tersendiri bagi anak. Ini bisa membuat anak berontak, salah satunya yang sering terjadi yaitu malas sekolah. Kalau pun berangkat, anak kemudian membolos atau kabur dari sekolah.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan anak malas sekolah. Jika terjadi secara berkelanjutan dapat berpengaruh terhadap masa sang anak. Oleh karena itu, masalah ini harus segera diatasi. Berikut beberapa solusi yang bisa dicoba:

Pahami kondisi anak

Semakin beranjak besar, anak pun semakin pintar berdalih. Oleh karena itu penting memahami kondisi mereka secara baik. Sehingga selaku orang tua, Anda tidak bisa dibohongi dan bisa menghadapi sesuai situasi dan kondisi anak.

Hindari kekerasan pada anak

Tegas memang diperlukan, tapi tetap harus dikontrol agar anak tidak merasa takut. Usahakan anak senantiasa mendapatkan kehangatan dan sikap lembut yang akan lebih menenangkan. Sikap ini tak hanya berlaku di rumah tetapi juga di sekolah. Situasi nyaman akan membuat anak lebih dekat dengan Anda dan guru serta bisa mendukungnya untuk tetap semangat dalam belajar.

Menemukan cita-cita anak

Guru dan orang tua bisa menanyakan secara langsung apa cita-cita anak. Saat mereka bisa menentukan cita-citanya, dukung dengan memberikan motivasi agar senantiasa semangat belajar. Sehingga rasa malas pun bisa terhindarkan.

Itulah yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi anak malas sekolah. Semoga, Anda selalu bijak dalam mengarahkan anak untuk menuju masa depan yang cemerlang. (Siti Tsani Sopiah Penulis LepasGarut, Jawa Barat)