(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Pilih Buku Bacaan Sesuai Usia

Admin disdikpora | 31 Januari 2019 | 1126 kali

Pembiasaan budaya membaca dan menulis akan sangat efektif apabila dimulai sejak dini dari lingkungan keluarga. Upaya untuk mengitegrasikan budaya membaca dan menulis di lingkungan keluarga akan sangat membantu proses belajar anak di sekolah maupun di masyarakat.

Membaca buku dapat mengembangkan kemampuan imajinasi, meningkatkan kemampuan berbahasa dan menambah kosa kata baru, serta menambah pengetahuan baru. Masalahnya, tidak mudah memilih buku yang tepat agar sesuai dengan perkembangan umur anak. Tipe buku yang bisa diberikan orang tua harus sesuai dengan perkembangan si kecil, seperti di bawah ini :

 

Usia 0 - 2 tahun

Pada usia ini, anak belum bisa membaca, sehingga lebih baik memilihkan buku yang berisikan gambar-gambar besar dan warna yang cerah, tentang benda yang sudah dikenalnya. Beli buku berbahan karton tebal atau busa agar tidak mudah rusak karena disobek atau digigiti. Selain itu, orang tua bisa memberikan buku yang berisi kain bertekstur yang dapat merangsang saraf perabanya. Untuk pilihan buku pengantar tidur, carilah yang mempunyai cerita pendek dengan gambar-gambar yang menggambarkan kejadian pada cerita tersebut.

 

Usia 3 -5 Tahun

Pada usia ini, orang tua mulai memberikan buku-buku yang mengenalkan konsep huruf, angka, dan bentuk. Orang tua juga dapat memilihkan buku-buku yang bercerita mengenai kehidupan sehari-hari, seperti cara berteman, pengalaman bersekolah, maupun mengenai kehidupan binatang untuk menarik minat anak belajar membaca. Memilihkan buku-buku dengan kosa kata yang sudah dikenalnya, akan membuatnya lebih cepat belajar membaca. Pilihlah buku yang dapat merangsang kecerdasan konstruktif, misalnya buku dengan visualisasi tiga dimensi.

 

Usia 6 - 11 Tahun

Pada usia ini, biasanya anak sudah memiliki minat tersendiri pada apa yang ingin dibacanya dan juga memiliki tokoh favorit. Orang tua dapat melibatkan dan mendorongnya untuk memilih bukunya sendiri. Jangan lupa dampingi selama membaca buku dan ajaklah berdiskusi mengenai apa yang baru saja dibacanya agar orang tua dapat memberi pemahaman dan turut terlibat dalam perkembangannya. Buku-buku tentang kerajinan tangan maupun resep yang dilengkapi ilustrasi dan instruksi sederhana juga dapat dipilih untuk melatih kemampuan dasarnya. Ajaklah anak memilih buku sesuai dengan minatnya agar menikmati pengalaman membaca dan mendapatkan pengetahuan dari buku yang dibacanya. Yanuar Jatnika