(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SINERGITAS DORONG PENGUATAN EKOSISTEM DIGITAL PENDIDIKAN DI KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 18 Juli 2024 | 1014 kali

SINERGITAS DORONG PENGUATAN EKOSISTEM DIGITAL PENDIDIKAN DI KABUPATEN BULELENG 


Singaraja, Kamis, 18 Juli 2024 l DISDIKTODAY

Sebagai upaya meningkatkan pemanfaatan platform-platform teknologi di bidang pendidikan, Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kemendikbudristek memiliki program-program yang dipersiapkan kepada para pendidik, siswa dan satuan pendidikan antara lain berupa peningkatan kompetensi TIK guru melalui Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK).


Sejak 2017 dan program peningkatan kompetensi siswa melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi melalui program Kita Harus Belajar (Kihajar) sejak tahun 2006. Kedua program ini kembali dilanjutkan pada tahun 2024. 


Dalam upaya penyebarluasan program-program ini diperlukan adanya kolaborasi dengan pemerintah daerah di 38 provinsi dengan harapan program-program yang telah dipersiapkan oleh Kemendikbudristek dapat dimanfaatkan oleh pendidik, peserta didik, dan satuan pendidikan di Indonesia. Maka daripada itu, BLPT Kemendikbudristek menyelenggarakan kegiatan Berkolaborasi dan Berbagi (Berkobar) 2024  di Kabupaten Buleleng pada Kamis,  18 Juli 2024 bertempat di SMP Negeri 2 Singaraja.


Kegiatan ini diikuti oleh 50 guru peserta dari jenjang TK sampai SMA/SMK. Fasilitator pada kegiatan ini yakni bapak Komang Budiadnya,S.Pd dari SMA Negeri 2 Banjar dan ibu Luh Eka Yanthi, S.Pd dari SMK Negeri 3 Singaraja selaku Duta Teknologi Kemendikbudristek di Kabupaten Buleleng. 


Mewakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, kegiatan dibuka secara resmi oleh Kabid Pembinaan PAUD dan  PNF Bapak Komang Sudarsana, S.Pd., M.Pd. didampingi Komang Sudarmini, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Seksi Kesejahteraan, Penghargaan, Perlindungan dan Pengembangan SDM GTK Bidang Pembinaan dan GTK.


Dalam pembacaan sambutan Kepala Disdikpora, dapat disampaikan bahwa sinergi ini dapat berfungsi sebagai media kolaborasi dalam membenahi pendidikan  daerah melalui semangat merdeka belajar.Lebih lanjut, dengan mengoptimalkan pemanfaatan platform teknologi dan rapor pendidikan, alhasil dapat membenahi akar permasalahan di satuan pendidikan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Buleleng.