(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENDAMPINGAN REFLEKSI AKHIR TAHUN AJARAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 2 TAHUN 2023 KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 08 Agustus 2023 | 1150 kali

PENDAMPINGAN REFLEKSI AKHIR TAHUN AJARAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 2 TAHUN 2023 KABUPATEN BULELENG


SELASA, 8 AGUSTUS 2023| DISDIKTODAY


Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi selalu berupaya untuk meningkatkan mutu Pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah Program Sekolah Penggerak (PSP)  yang merupakan program untuk mendorong proses satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik, baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi), maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. PSP berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).


Pada hari ini Selasa, 8 Agustus 2023 di SMK Negeri Singaraja menjadi salah satu tempat kegiatan refleksi akhir tahun ajaran Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 2 di Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini diikuti oleh 126 peserta dari unsur Tim PMO, Operator SIMPKB, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Komite Pembelajaran, dan Fasilitator. Tim PMO Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng diwakili oleh Ni Luh Putu Lasmini, S.H.,M.Pd selaku Kasi GTK SD dan I Nyoman Yasa, S.Pd.,M.M selaku Kasi PSD.


Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Guru Penggerak Provinsi Bali. Acara ini berlangsung dari pukul 07.00 sampai dengan 16.30 WITA, dengan agenda yang penuh dan bervariasi. Adapun agenda yang dilaksanakan pada kegiatan ini adalah :


Mulai dari diri: Refleksi individu;

Eksplorasi konsep: memahami tahapan implementasi Kurikulum Merdeka;

Ruang Kolaborasi: Diskusi refleksi perjalanan Implementasi Kurikulum Merdeka;

Refleksi terbimbing: Refleksi praktik baik, tantangan dan strategi; dan

(Rencana) Aksi nyata: Menyusun rencana tindak lanjut


Kegiatan Refleksi ini Program Sekolah Penggerak semakin terfokus pada pengembangan SDM sekolah itu sendiri, mulai dari siswa, guru, sampai kepala sekolah dan pencapaian hasil belajar diharapkan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan.


Tujuan utama dari kegiatan refleksi ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di seluruh sekolah yang tergabung dalam Program Sekolah Penggerak. Dengan mengadakan refleksi akhir tahun, diharapkan peserta dapat melihat capaian dan tantangan yang dihadapi selama tahun ajaran ini, serta merencanakan langkah-langkah perbaikan untuk tahun ajaran mendatang”, ujarnya


Kegiatan refleksi ini dilaksanakan menjadi beberapa kelas dengan didampingi fasilitator sekolah penggerak. Peserta masing-masing kelas terdiri dari Kepala sekolah, guru, dan pengawas pembina yang merupakan komite pembelajaran di sekolah penggerak. Selama kegiatan peserta didampingi oleh fasilitator sekolah penggerak, yaitu pendamping Kepala Sekolah, Guru dan Pengawas Sekolah untuk mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid.


Selama kegiatan berlangsung, peserta juga dibagi ke dalam kelompok diskusi untuk membahas isu-isu spesifik yang dihadapi oleh masing-masing sekolah penggerak. Diskusi ini bertujuan untuk menghasilkan solusi dan rekomendasi yang dapat diterapkan dalam meningkatkan mutu pendidikan di setiap sekolah.


Acara refleksi akhir tahun ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk melihat kembali pencapaian dan tantangan yang dihadapi oleh Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 di Kabupaten Buleleng. Dengan berbagi pengalaman dan pemikiran, diharapkan peserta dapat menghasilkan strategi yang efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah mereka.


Dalam penutupan kegiatan, dilakukan pernyataan komitmen bersama untuk melanjutkan upaya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Buleleng.