(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PERTEMUAN POKJA MANAJEMEN OPERASIONAL (PMO) KABUPATEN BULELENG BULAN AGUSTUS 2023

Admin disdikpora | 09 Agustus 2023 | 742 kali

PERTEMUAN POKJA MANAJEMEN OPERASIONAL (PMO) KABUPATEN BULELENG BULAN AGUSTUS 2023


RABU, 9 AGUSTUS 2023| DISDIKTODAY


Dalam rangka memastikan jalannya pelaksanaan Program Sekolah Penggerak , BPMP Provinsi Bali melaksanakan pertemuan periodik Pokja Manajemen Operasional (PMO) di ruang rapat Kadisdikpora Kabupaten Buleleng pada Rabu, 9 Agustus 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada Tim PMO Kabupaten Buleleng dalam menganalisis Laporan Fasilitator Sekolah Penggerak diwilayahnya serta memastikan isu-isu yang bisa dituntaskan tingkat PMO Kabupaten. 


Kegiatan ini diikuti oleh 27 orang peserta yang merupakan Tim PMO dari unsur Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, BPMP Provinsi Bali, BGP Provinsi Bali, dan Perwakilan Kepala Sekolah Penggerak Angkatan 1 jenjang TK, SD, SMP.


Pertemuan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,M.A.P yang sekaligus selaku Plt. Kabid Pembinaan GTK.


Kemudian Kepala Pokja ITP BPMP Provinsi Bali I Gede Mastika, S.P. menyampaikan arahan terkait :

• Persiapan handover kesinambungan PSP melalui pemandirian komunitas belajar (kombel);

• Sumber daya harus tersedia, sekolah penggerak di daerah, kepala sekolah, guru penggerak adalah aset, kesinambungan PSP angkatan 1 dan 2;

• Keberterimaan tinggi, resistensinya kecil. Harus bisa dioptimalisasikan di sekolah penggerak.


BPMP Provinsi Bali juga menyampaikan pemandirian Komite Pembelajaran; komite pembelajaran menjadi motor penggerak handover PSP angkatan pertama mengakselerasi satuan pendidikan, K3S, MKKS sudah mempunyai program untuk meningkatkan kualitas di sekolah penggerak. Kuantitas dan kualitas sekolah penggerak di Kabupaten Buleleng sudah siap untuk handover kesinambungan PSP. Sekolah Penggerak agar melakukan pengimbasan ke sekolah sekitarnya.


Beberapa detil yang perlu dikuatkan:

1. Penyusunan KOSP

2. Perencanaan Berbasis Data

3. Sumber bahan ajar beragam

4. Implementasi P5, ekstrakurikuler dan kolaborasi sumber daya manusia di sekolah

5. Evaluasi berkelanjutan


Pertemuan dilanjutkan dengan paparan hasil pemantauan dan evaluasi oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng yang menjelaskan rencana kegiatan FGD pada bulan Agustus 2023 yang melibatkan Sekolah Penggerak Angkatan 1 berdasarkan hambatan yang butuh dukungan dari PMO untuk PSP, dan diskusi-diskusi terkait pendampingan PSP yang dipandu oleh Tim Pokja BPMP Provinsi Bali.