(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG DUKUNG GAMIFIKASI CERITA RAKYAT BERBAHASA INGGRIS

Admin disdikpora | 16 Februari 2022 | 241 kali

KADISDIKPORA BULELENG DUKUNG GAMIFIKASI CERITA RAKYAT BERBAHASA INGGRIS 

Singaraja, 16 Februari 2022| DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M didampingi Kepala Bidang Pembinaan GTK, I Nyoman Sutama, S.Pd, M.Pd bersama Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Drs. Made Sri Suparmi dan Kepala Seksi Kurikulum SD, I Ketut Agus Susilawan, S.Pd, M.Pd, menerima Audensi Gamifikasi Cerita Rakyat Berbahasa Inggris oleh Inkubator Bisnis, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Rabu 16/2/22.


Perlu diketahui bahwa Gamifikasi Cerita Rakyat Berbahasa Inggris adalah sebuah pendekatan pembelajaran berbasis literasi yang menjawab disruption era digital 4.0 dimana pembelajaran dikembangkan berbasis digital dengan berbagi macam platform. Selain hal tersebut disampaikan juga bahwa Gamifikasi Cerita Rakyat Berbahasa Inggris mendukung pembelajaran dengan paradigma baru sebagaimana program merdeka belajar yang sedang digiatkan oleh pemerintah melalui Kemendikbud Ristek serta mampu mendukung reservasi budaya karena mengangkat tema cerita rakyat yang penuh dengan nilai-nilai karakter. 


Gambaran umum tersebut disampaikan oleh CIO Program Gamifikasi Cerita Rakyat Berbahasa Inggris, Prof, Dr. Putu Kerti Nitiasih, M.A yang dalam kesempatan ini didampingi oleh Ketua Inkubator Bisnis, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Dr. Ini Made Ary Widiastini, S.ST.Par, M.Par dan CEO Program Gamifikasi Cerita Rakyat Berbahasa Inggris, I Gede Yoga Permana, S.Pd, M.Pd. Pada kesempatan ini Tim Inkubator Bisnis, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng memohon dukungan serta petunjuk agar program tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharpakan melalui MoA (Memorandum od Agreement).


Dalam arahannya Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika S.Pd, M.M, menyambut baik program tersebut dan mendukung sepenuhnya, mengingat program Gamifikasi Cerita Rakyat Berbahasa Inggris yang dirancang berbasis Android merupakan salah satu terobosan menuju Digitalsisasi Pendidikan. Sebagaimana diketahui bahwasannya Digitalisasi Pendidikan adalah salah satu terobosan baru dalam dunia pendidikan untuk menjawab tantangan Learning Loss sebagai dampak dari Pandemi Covid-19 pada sektor pendidikan yang telah melanda hamoir selama 2 (dua) tahun belakangan. Untuk menjawab tantangan tersebut sangat diperlukan terobosan baru dalam pendidikan berbasis digital dengan oendekatan Hybrid yaitu kombinasi anatara tatap muka dan tatap maya dengan menggunakan berbagai palform. Sebagai bentuk apresiasi Kadisdikpora bersedia untuk melakukan penadatanganan MoA sebagai dokumen yuridis yang mendukung pelaksanaan program.