(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Mendikbud : Para Guru Mampu Berubah dan Berinovasi di Tengah Pandemi

Admin disdikpora | 07 Desember 2020 | 107 kali

Paudpedia- Menteri Pendidikan dan kebudayaan, Nadiem Anwar Makariem, mengapresiasi para guru dan tenaga kependidikan, yang telah menciptakan perubahan dan inovasi yang sangat luar biasa di tengah situasi Pandemi Covid-19.

“Dengan semangat juang yang tinggi dan kesabaran Bapak dan Ibu guru semua, pembelajaran tetap terus berjalan meski dengan segala keterbatasan, “kata Mendikbud, dalam sambutannya secara virtual saat memperingati Hari Guru Nasional 2020, 25Novemver 2020.

Menurut Mendikbud, dirinya mencatat banyak cerita-cerita tentang, dedikasi, dan kesungguhan para guru untuk bergerak mencari solusi agar proses belajar anak-anak Indonesia tidak terhenti. Antara lain melakukan pembelajaran daring, membuat anak-anak menjadi kelompok kecil dan didatangi secara bergiliran dan  melakukan pembelajaran secara tatap muka di kelas  dengan menggunakan jadwal bergilir dengan protokol yang sangat ketat. Selain itu, ada pula yang mendatangi rumah siswa dan berdiskusi dengan orang tua siswa untuk membantu proses belajar mengajar di rumah.

“Bahkan yang menarik dan inspiratif, ada guru yang mencari sinyal di seberang sungai, “katanya.

Dikatakan Mendikbud, semua cerita itu menjadi bukti bahwa para guru merupakan pewaris para pejuang yang tidak mau menyerah dengan keadaan, mampu beradaptasi dengan terus belajar, berbagi, dan berkolaborasi.

Kesungguhan dan dedikasi para guru itu, lanjut Mendikbud, menjadi dasar bagi pemerintah untuk terus berkomitmen dan bersungguh-sungguh memperjuangkan hak para pendidik. Hal itu dilakukan  melalui kebijakan rekrutmen guru negeri, pengembangan pendidikan, peningkatan profesionalisme, dan peningkatan kesejahteraan guru.

Ditururkannya, berbagai kebijakan dan program telah dibuat Kemendikbud dalam masa pandemi ini, antara lain :  (1) Bantuan kuota data internet; (2) Fleksibilitas penggunaan dana BOS; (3) Pengalokasian BOS Afirmasi dan BOS Kinerja untuk bantuan Covid-19 di sekolah negeri dan swasta yang paling terdampak pandemi Covid-19; (4) Bantuan Subsidi Upah untuk guru dan tenaga kependidikan non-PNS; (5) Kurikulum Darurat: (6) Program Guru Belajar; (7) Laman Guru Berbagi: (8) Program Belajar dari Rumah TVRI: (9) Seri Webinar Masa Pandemi; dan sebagainya.

“Semua kebijakan dan program tersebut   tidak lain dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan agar mampu melanjutkan pembelajaran untuk anak-anak Indonesia, “jelas Mendikbud.

Ditegaskan Mendikbud, berbagai upaya ditempuh Kemendikbud  untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Beberapa upaya itu antara lain, pada tahun 2021, memperjuangkan guru-guru honorer menjadi guru dengan status sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan kuota cukup besar sesuai kebutuhan masing-masing daerah. Hal itu dilakukan melalui seleksi yang demokratis.

Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) mengusung tema “Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar”, HGN tahun ini memotivasi masyarakat untuk semangat dalam perjuangan melawan pandemi Covid-19.

Upacara Hari Guru Nasional 2020 ini dilaksanakan secara tatap muka dengan peserta terbatas dengan penerapan protocol Kesehatan.  Upacara HGN 2020 Juga disiarkan langsung di Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan live streaming YouTube melalui kanal Kemendikbud RI. Acara ini dimeriahkan oleh beberapa bintang tamu, antara lain RAN, Rinni Wulandari, Naura, Nola Be3, Lula Kamal dan Gitabumi Voices. Terdapat juga diskusi interaktif guru dan orang tua bersama Mendikbud dan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Iwan Syahril.

Sebagai rangkaian dari peringatan HGN, Kemendikbud juga memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan. Terdapat 150 guru jenjang PAUD, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan khusus yang mendapatkan penghargaan kategori guru inovatif dan inspiratif.   

Penulis                 : Eko BH

Editor                    : Yanuar Jatnika

 

Sumber :