(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENTINGNYA SUPERVISI KLINIS BAGI GURU DALAM MENGEFEKTIFKAN PBM

Admin disdikpora | 17 November 2017 | 1008 kali

PENTINGNYA SUPERVISI KLINIS BAGI GURU DALAM MENGEFEKTIFKAN PBM

Singaraja, Rabu, 15 Nopember 2017|DISDIK TODAY

Supervisi klinis merupakan supervisi yang difokuskan pada perbaikan pembelajaran melalui siklus yang sistematis mulai dari tahap perencanaan, pengamatan dan analisis yang intensif terhadap penampilan pembelajarannya dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Hal tersebut disampaikan Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. saat menjadi pembicara dalam Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Administrasi Pendidikan yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana, Prodi Administrasi Pendidikan, Undiksha di kampus setempat.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pada prinsipnya supervisi klinis harus dilakukan untuk mengefektifkan program-program dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh para guru di kelas. Guru disupervisi oleh Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah harus bersifat kolegial, berlangsung secara dua arah dilaksanakan, konstruktif dan humanistic sehingga dicapai formula-formula baru yang mengefektifkan pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah.

Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Adiministrasi Pendidikan yang mengusung tema “Implementasi Supervisi Klinik Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru” diikuti sebanyak 157 orang terdiri dari berbagai unsur pendidik jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK di kabupaten Buleleng, dengan menghadirkan 3 narasumber masing-masing Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. Dosen Pascasarjana, Undiksha, Prof. Dr. Made Yudana, M.Pd, dan Kepala SMAN Bali Mandara, yang juga Ketua PGRI Kabupaten Buleleng, Drs. I Nyoman Darta, M.Pd.

Kegiatan Semiloka yang merupakan kegiatan kurikuler Administrasi Pendidikan Pascasarjana Undiksha juga salah satu implementasi dari mata kuliah studi mandiri dan seminasi supervisi pendidikan.