(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Mengerjakan Tugas dari Siswa

Admin disdikpora | 21 Juli 2021 | 246 kali

Diterbitkan : 16 Juli 2021 08:27
Sumber : Murtiana Nainggolan
Penulis : MURTIANA NAINGGOLAN
Apakah mungkin guru mendapatkan tugas juga dari siswa? Pertanyaan yang aneh untuk menjawab judul dari tulisan yang sudah direncanakan menjadi 3 paragraf. Minggu pertama bulan Februari 2021 ini, saya membersamai siswa kelas XII untuk menyelesaikan pembelajaran menulis artikel. Secara teori kita sepakat untuk artikel akan ditulis minimal 3 paragraf sesuai dengan strukturnya paragraf penyaataan pendapat/thesis, paragraf argumentasi, dan paragraf terakhir sebagai pernyataan ulang. Karena masih dalam posisi 3 M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan maka artikel dikumpulkan dalam bentuk link publikasi dari media sosial masing-masing. Hal ini juga dapat memberikan conten edukatif pada akun media sosial siswa.
Pembelajaran selama pandemi memberikan Pekerjaan Rumah bagi guru dan siswa untuk saling berkalaborasi menciptakan proses belajar yang menyenangkan. Tidak cukup bagi guru untuk memikirkan penggunaan media pembelajaran efektif namun dampak terhadap penggunaan media tersebut, apakah menguntungkan proses pembelajaran atau merugikan psikologi siswa dan guru. Praktik menulis artikel dengan berbagai tema yang up date menjadi challenge bagi siswa kelas XII MAN Batang yang terdiri atas 6 kelas. Salah satu alasan adanya artikel ini adalah bentuk support kepada siswa bahwa guru juga membersamai mereka untuk menulis artikel. Bentuk support ini semoga memotivasi siswa bahwa kesulitan proses memahami materi dalam kelas daring sangat dirasakan juga oleh guru sehingga tercipta pemahaman yang sama bahwa pembelajaran jarak jauh yang dikenal PJJ ini adalah kalaborasi siswa dan guru. Dampak psikologi dari PJJ ini tak juga menjadi momok untuk siswa namun juga memengaruhi psikologi guru bahkan orang tua siswa. Meskipun demikian, proses belajar mesti tetap berlangsung dengan kesungguhan tanpa mengurangi hak-hak siswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang sama dengan kelas XII yang telah lulus pada saat pandemi belum terjadi, sehingga mereka siap bersaing untuk mendapatkan bangku di Perguruan Tinggi Negri.
Selamat menulis artikel untuk siswa kelas XII. Tulisan dalam bentuk sastra atau non sastra sudah ada sejak zaman sebelum ada teknologi canggih seperti gawai kalian masing-masing. Sekarang sumber bacaan dan referensi artikel sudah bisa kalian akses dari rumah masing-masing.Sebagai tambahan referensi manfaatkan KBBI dan Tesaurus untuk memperkaya kosakata. Karena artikel hasil tulisan ini kalian publikasikan pada akun medsos masing-masing, kelak ada masanya kalian akan membacanya kembali, maka buatlah semenarik mungkin. 
Sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/mengerjakan-tugas-dari-siswa/