Diterbitkan | : | 10 Desember 2021 20:04 |
Sumber | : | Laporan Diklat Penulisan PTK |
Penulis | : | IKA RATNANI |
RPP Terkait | : | RPP 1 MENGENAL ASEAN |
Dalam sebuah kesempatan, saya bertemu dengan Prof. Subyantoro, M. Hum dan belajar dari beliau tentang cara membangun sekolah unggul. Sekolah Unggul ini merupakan sekolah yang menjamin terwujudnya sumber daya manusia yang unggul pula. Sejalan dengan visi Presiden Jokowi yang mengharapkan Indonesia Maju Sumber Daya Manusia Unggul, tentunya pernyataan ini perlu direspon dengan serius oleh berbagai aspek lapisan masyarakat, khususnya kalangan pendidik.
Sekolah Unggul menurut Prof. Subyantoro, M. Hum, memiliki sistem manajemen yang efektif dari berbagai dimensi, seperti dimensi leadership, dimensi pendukung, dimensi efisiensi, dan dimensi efektivitas.
Dimensi Kepemimpinan/Leadership
Hal-hal yang berkaitan dengan dimensi kepemimpinan adalah :
Dimensi Pendukung
Dimensi pendukung dalam hal ini adalah penunjang utama dalam sekolah unggulan, seperti :
Dimensi Efisiensi
Hal-hal yang mencakup dimensi efisiensi adalah sebagai berikut :
Dimensi Efektivitas
Hal-hal yang mencakup dimensi efektivitas adalah sebagai berikut :
Sekolah unggul dalam berbagai dimensi tersebut akan dapat menciptakan sebuah institusi pendidikan yang memberikan layanan pendidikan optimal kepada seluruh peserta didik dengan mengakomodasi bakat minat siswa sesuai kebutuhan belajar. Terlebih dengan adanya kolaborasi antarguru dan seluruh warga sekolah yang akan mewujudkan sekolah berdaya saing tinggi di tengah percaturan dunia. Dalam jangka panjang, sekolah unggul mampu menciptakan organisasi pembelajar dan berprestasi tinggi.
sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/membangun-sekolah-unggul/