(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

MEMBANGUN SEKOLAH UNGGUL

Admin disdikpora | 15 Desember 2021 | 1514 kali

Diterbitkan:10 Desember 2021 20:04
Sumber:Laporan Diklat Penulisan PTK
Penulis:IKA RATNANI
RPP Terkait:RPP 1 MENGENAL ASEAN

Dalam sebuah kesempatan, saya bertemu dengan Prof. Subyantoro, M. Hum dan belajar dari beliau tentang cara membangun sekolah unggul. Sekolah Unggul ini merupakan sekolah yang menjamin terwujudnya sumber daya manusia yang unggul pula. Sejalan dengan visi Presiden Jokowi yang mengharapkan Indonesia Maju Sumber Daya Manusia Unggul, tentunya pernyataan ini perlu direspon dengan serius oleh berbagai aspek lapisan masyarakat, khususnya kalangan pendidik.

 

Sekolah Unggul menurut Prof. Subyantoro, M. Hum, memiliki sistem manajemen yang efektif dari berbagai dimensi, seperti dimensi leadership, dimensi pendukung, dimensi efisiensi, dan dimensi efektivitas.

 

Dimensi Kepemimpinan/Leadership

Hal-hal yang berkaitan dengan dimensi kepemimpinan adalah :

  1. Iklim dan atmosfer sekolah yang kondusif
  2. Tujuan jelas, dapat dicapai, dan relevan
  3. Guru berorientasi pada pengelolaan kelas yang baik
  4. Adanya pelatiha untuk meningkatkan pelayanan guru di dalam kelas

 

Dimensi Pendukung

Dimensi pendukung dalam hal ini adalah penunjang utama dalam sekolah unggulan, seperti :

  1. Konsensus terhadap nilai-nilai dan tujuan
  2. Rencana strategis bertahap
  3. Koordinasi yang efisien dan efektif
  4. Staf kunci yang berkelanjutan
  5. Dukungan institusi pengambil kebijakan

 

Dimensi Efisiensi

Hal-hal yang mencakup dimensi efisiensi adalah sebagai berikut :

  1. Penggunaan waktu pengajaran yang efaktif
  2. Lingkungan sekolah dan kelas yang disiplin
  3. Evaluasi dan umpan balik secara berkelanjutan
  4. Kegiatan kelas terstruktr dengan baik
  5. Petunjuk pembelajaran dipahami dan dilaksanakan dengan baik
  6. Penguatan terhadap karakter mulia
  7. Penekanan terhadap pengetahuan dan keterampilan yang tinggi
  8. kesempatan untuk belajar bagi seluruh warga sekolah secara maksimal

 

Dimensi Efektivitas

Hal-hal yang mencakup dimensi efektivitas adalah sebagai berikut :

  1. Harapan berprestasi tinggi
  2. Reward untuk prestasi dan kinerja tinggi
  3. Kerjasama dan interaksi dalam kelas efektif
  4. keterlibatan semua staf dalam peningkatan kinerja sekolah
  5. otonomi dalam melaksanakan proses pembelajaran sekolah
  6. Guru memiliki empati dan kemampuan interpersonal dengan peserta didik
  7. Akuntabilitas hasil belajar kepada seluruh stakeholder
  8. Interaksi sesama guru yang baik.

 

Sekolah unggul dalam berbagai dimensi tersebut akan dapat menciptakan sebuah institusi pendidikan yang memberikan layanan pendidikan optimal kepada seluruh peserta didik dengan mengakomodasi bakat minat siswa sesuai kebutuhan belajar. Terlebih dengan adanya kolaborasi antarguru dan seluruh warga sekolah yang akan mewujudkan sekolah berdaya saing tinggi di tengah percaturan dunia. Dalam jangka panjang, sekolah unggul mampu menciptakan organisasi pembelajar dan berprestasi tinggi.

sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/membangun-sekolah-unggul/