(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Pembiasaan Membuang Sampah Sesuai dengan Jenisnya

Admin disdikpora | 18 Mei 2021 | 2747 kali

A. Latar Belakang

Pada saat sekarang ini sampah adalah salah satu masalah yang sangat komplek tidak hanya di lingkungan masyarakat tetapi juga di sekolah. Hampir di berbagai tempat ditemukan sampah yang berceceran sehingga keberadaannya mengganggu lingkungan.Masalah yang muncul tidak hanya pada kuantitas sampah tetapi juga menyangkut organisir sampah yang tidak baik serta kurang praktisnya tempat sampah yang ada saat ini. Tempat sampah adalah barang yang sudah biasa kita temui di sekitar kita, namun keberadaan tempat sampah tidak selalu baik. Masalah organisir sampah yang tidak baik membuat sampah yang tertumpuk di dalam tempat sampah menjadi tidak lagi terpisah antara sampah kertas, plastik dan daun, sehingga sampah menjadi sulit untuk didaur ulang. Hal ini menyebabkan sampah yang telah dikumpulkan akan bercampur.

Untuk memudahkan dalam pemisahan sampah maka perlu adanya pembiasaan dalam membuang sampah sesuai dengan jenisnya. Pembiasaan tidak hanya dilakukan dilingkungan sekolah tetapi juga dilingkungan masyarakat. Dengan adanya kebiasaan membuang sampah sesuai dengan jenisnya diharapkan sampah yang di buang di tempat pembuangan akhir sudah terpisah sesuai dengan jenisnya.

B. Deskripsi Aksi Nyata

Kegiatan aksi nyata ini dilakukan karena melihat kondisi sampah di lingkungan sekolah dan kebiasaan siswa dalam membuang sampah yang tidak sesuai dengan jenisnya.

Kegiatan ini dilakukan selama kurang lebih empat minggu. Minggu pertama, merencanakan kegiatan, kemudian memberikan penjelasan kegiatan kepada peserta didik dan warga sekolah yaitu tentang pembiasaan membuang sampah sesuai dengan jenisnya.

Minggu kedua, pelaksanaan kegiatan yaitu penyediaan tempat sampah yang telah diberi label/sticker jenis sampah dan ditempatkan dilokasi yang strategis. Pengamatan dan proses pembiasaan membuang sampah sesuai dengan jenisnya baik di sekolah maupun di rumah. Minggu ketiga yaitu membuat laporan sederhana hasil kegiatan pembiasaan membuang sampah sesuai dengan jenisnya yang telah dilakukan.

Kegiatan terakhir di minggu keempat adalah menanyakan respon peserta didik dan warga sekolah untuk kemudian dijadikan bahan evaluasi dan tindak lanjut.

C.Hasil Aksi Nyata

Hasil dari kegiatan pembiasaan membuang sampah sesuai dengan jenisnya yaitu peserta didik dan warga sekolah terbiasa dalam membuang sampah ditempat sampah sesuai dengan jenisnya baik itu di sekolah maupun dirumah. Sehingga membuang sampah sesuai dengan jenisnya menjadi kebiasaan dan budaya.

Hasil lain dari kegiatan ini yaitu sampah yang dihasilkan dapat mudah dipisahkan sesuai dengan jeinsnya karena sebelum di buang ditempat pembuangan akhir sampah sudah dipilah di tempat sampah yang tersedia.

D. Keberhasilan dan Kegagalan

Keberhasilan dari kegiatan pembiasaan membuang sampah sesuai dengan jenisnya yaitu sebagian besar warga sekolah melakukan kebiasaan membuang sampah ditempat sampah sesuai dengan jenisnya. Kebiasaan itu dilakukan tidak hanya disekolah tetapi juga dirumah.

          Kegagalan dari kegiatan ini, karena dalam masih dalam masa pandemi tidak semua dapat diamati kebiasaan dalam membuang sampah sesuai dengan jenisnya di lingkungan sekolah. Selain itu juga tidak semua siswa mengirimkan foto kebiasaan membuang sampah sesuai dengan jenisnya yang dilakukan dirumah.

E. Rancangan Perbaikan di Masa yang akan datang

Rancangan perbaikan dimasa yang akan datang yaitu

1.     Memperbanyak penyediaan tempat sampah

2.     Melibatkan orang tua siswa dan komite dalam program kegiatan tidak hanya warga sekolah

3.     Bekerja sama dengan pihak terkait untuk memberikan penyuluhan tentang arti pentingnya membuang sampah dan menjaga kebersihan lingkungan

4.     Membuat bank sampah sekolah

sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembiasaan-membuang-sampah-sesuai-dengan-jenisnya/