(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

MENJADI GURU DI RUMAH

Admin disdikpora | 27 Juli 2021 | 239 kali

Diterbitkan : 26 Juli 2021 06:59
Sumber : Media Guru Indonesia
Penulis : SAMSUDIN SIMATUPANG,SPd

MENJADI GURU DI RUMAH

Oleh : Samsudin Simatupang ( Guru MTs Negeri 16 Jakarta )

 

05:46 @Opini

Masa pandemi covid 19 saat ini memaksa anak anak untuk belajar di rumah dengan melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Hal ini tentunya menambah beban bagi orang tua untuk mengawasi anaknya di rumah yang biasanya diserahkan sepenuhnya kepada guru di sekolah. Banyak hal yang perlu disikapi dan dipersiapkan oleh orang tua dalam menghadapi anaknya ketika  belajar di rumah.

Mengawasi dan membimbing anak belajar di rumah bukan hal yang mudah bagi orang tua. Banyak orang tua yang merasa bosan dan kesal dengan kelakuan anaknya dalam belajar. Tentunya banyak membuat orang tua kesal dan marah karena kelakuan anaknya tersebut dan akhirnya stress dibuatnya. Orang tua baru menyadari betapa sulitnya tugas seorang guru dalam menghadapi anak anaknya di kelas. Dan hal ini menjadi catatan penting bagi orang tua untuk bersikap bijaksana terhadap guru. Hendaklah orang tua tidak mudah-mudah menyalahkan guru ketika ada sesuatu yang kurang ketika melayani putra-putrinya.

Banyak orang tua yang terpaksa menghabiskan waktunya untuk membimbing anaknya dalam belajar. Terpaksa orang tua meninggalkan aktifitas utamanya demi membantu pembelajaran anak-anaknya. Belum lagi tingkah anaknya yang bosan dengan cara membimbing orang tuanya sampai menyelesaikan pekerjaan rumah yang sangat membosankan. Akhirnya kemarahan timbul dan anak semakin malas untuk belajar.

Hal inilah yang perlu disikapi oleh orang tua dalam membimbing anaknya dengan kesabaran dan selalu berdoa semoga anaknya dapat belajar dengan baik dan berakhirnya masa pandemi covid 19 ini. Sudah terlalu lama menurut orang tua untuk mengajarkan anaknya di rumah dan anak anak banyak yang bosan dengan kondisi ini

Semoga kesabaran orang tua dalam membimbing anaknya semakin besar dan berusaha berkonsultasi dengan guru sehingga diperoleh pembelajaran di rumah yang menyenangkan bagi anak anaknya. Hal inilah yang membuat orang tua dan anaknya semakin nyaman untuk berada di rumah sehingga rumah menjadi surga bagi mereka.

sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/menjadi-guru-di-rumah/