(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Mengurangi Batuk Pilek Akibat Polusi pada Anak

Admin disdikpora | 18 Oktober 2023 | 330 kali

PAUDPEDIA—Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, polusi yang makin hari, makin memburuk dan ditambah cuaca yang ekstrim berdampak terhadap kesehatan. Adapun dampak umum yang hampir dirasakan oleh semua orang yaitu menyebabkan batuk pilek, tidak terkecuali pada anak-anak. Untuk mengurangi batuk pilek akibat polusi ini berikut beberapa tips yang dapat Ayah Bunda lakukan:
1.    Selalu gunakan masker saat keluar rumah: menggunakan masker saat keluar rumah juga menjadi langkah penting untuk melindungi diri  dari batuk pilek. Ayah Bunda dapat menggunakan masker yang nyaman dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit anak.
2.    Cuci tangan pakai sabun: salah salah satu upaya pencegahan penyebaran infeksi virus yaitu dengan rutin cuci tangan pakai sabun. Oleh karena itu, biasakan si kecil untuk melakukan hal ini setelah keluar rumah ataupun sebelum makan.
3.    Banyak minum air putih: minum air putih penting untuk mencegah anak mengalami dehidrasi dan dapat membantu menjaga lendir dalam saluran pernapasan tetap cair serta membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik
4.    Istirahat yang teratur: biasakan anak tidur tepat waktu sehingga mereka istirahat cukup waktu. Hal ini juga berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh mereka. 
5.    Perbanyak makan buah dan sayur: berikan makanan yang sehat dan bergizi pada anak terutama makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti buah dan sayur. Vitamin yang cukup juga dapat membantu tubuh dalam memerangi infeksi virus.
6.    Hindari kontak dengan penderita: Jika ada orang di sekitar yang sedang sakit, hindari kontak dekat dengan mereka, terutama jika mereka memiliki gejala batuk dan pilek.
7.    Menjaga kebersihan mainan dan benda-benda anak: Ayah Bunda mainan yang tidak bersih juga menjadi salah satu tempat bersarangnya virus sehingga anak-anak mudah tertular saat menggunakannya. Oleh karena itu, pastikan mainan dan benda-benda yang sering disentuh oleh anak tetap bersih dan dijaga kebersihannya.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Ayah, Bunda lakukan untuk mengurangi anak dari batuk pilek akibat polusi. Yuk tetap jaga kesehatan diri dan si kecil!

sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/mengurangi-batuk-pilek-akibat-polusi-pada-anak?ref=MTgyNy1iMmE0ODk5Zg==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=