(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

MANFAAT SENAM BERSAMA ANAK DI PAGI HARI

Admin disdikpora | 25 Maret 2024 | 1048 kali

PAUDPEDIA — Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, , untuk lebih meningkatkan kesehatan terutama kepada anak, perlu kiranya orangtua memberikan arahan kepada anak untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan status kesehatannya, salah satunya melalui aktifitas fisik yaitu senam pagi. Kegiatan senam pagi bersama berguna untuk meningkatkan imun anak serta kesehatan anak terjaga sehingga anak bisa lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Maka dari itu kami akan menjelaskan bagaimana anak senam bersama orangtua di pagi hari :

1. Orangtua harus dalam keadaan sabar mengajak anak senam bersama karena kalau tidak   anak akan merasa tidak nyaman dan memilih melakukan aktivitas yang lain. Orangtua mengajak anak dengan memberikan edukasi terlebih dahulu agar anak memahami dan ingin mengikuti orangtua melakukan senam bersama di pagi hari.

2. Ketika ingin senam orangtua memberikan lagu sesuai dengan yang disukai anak agar anak bersemangat untuk senam serta mengikuti pergerakan orangtua, jika ingin lebih semangat lagi keluarga dirumah juga diajak senam di pagi hari agar bisa meningkatkan kesehatan serta menjaga imun agar tetap sehat.

3. Membiasakan untuk selalu senam pagi sehingga anak terbiasa dalam melakukan senam tersebut dan anak juga bisa mengingat gerakan yang diajarkan oleh orangtua atau keluarga dirumah. Maka dari itu jika anak sudah terbiasa maka dengan adanya ajakan dari orangtua anak sudah bisa melakukannya dengan sendiri.

4. Jika anak sudah terbiasa senam bersama di pagi hari, maka kesehatan dan imun anak akan meningkat dan bisa dipastikan anak akan sehat tapi tidak lupa juga pola makan akan anak harus teratur dan terjaga agar bisa berimbang. Dan orangtua harus tetap mengawasi anak agar tetap baik dalam kesehariannya.

5. Senam sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik, membangun kekuatan tubuh, melatih ketrampilan motorik, koordinasi dan keseimbangan. Dengan melakukan olahraga senam secara teratur akan membuat kesehatan dan perkembangan fisik anak menjadi lebih baik.

Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, jika kita terus membiasakan anak untuk senam di pagi hari anak akan menjadi sehat dan bersemangat menjalankan aktivitas, tidak lupa juga orangtua terus mengimbangi aktifitas anak dengan asupan makanan yang sesuai dan seimbang karena keduanya sangat berhubungan untuk keberlangsungan kesehatan anak untuk kedepannya.

Sumber : https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/manfaat-senam-bersama-anak-di-pagi-hari?ref=MTQwOC1lY2U0OWJiMA==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=