(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Mengenal Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

Admin disdikpora | 01 Februari 2023 | 1540 kali

Diterbitkan:13 Januari 2023 07:39
Sumber:Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini yang ditulis oleh Luluk Asmawati, dkk
Penulis:SITI MUNAWAROH

Pendiidkan Anak Usia Dini sangat penting dimana dalam masa ini adalah masa emas dengan rentang usia 0 sampai 6 tahun. Pada tahap ini, menentukan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya. Oleh karena itu, memberikan stimulus atau rangsangan pada anak sangat penting. Rangsangan atau stimulus tersebut harus sesuai dengan tingkat perkembangan usia anak.

Dalam hal ini Orang tua harus lebih memperhatikan pendidikan awal pada anak di zaman sekarang. Pendidikan Anak usia dini sudah banyak tersebar baik dikota ataupun di desa dengan beragam pelayanan yang diberikan seperti Taman Penitipan Anak ( TPA ), Kelompok Bermain ( KB ), Taman Kanak-Kanak ( TK ) dan Satuan PAUD Sejenis ( SPS ).

Namun masih banyak Masyarakat yang belum dapat membedakan layanan PAUD tersebut. Pada Artikel ini Penulis akan membahas tentang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini dengan berbagai layanan dan tingkat usia. yaitu sebagai berikut :

  1. Taman Penitipan Anak yaitu Layanan PAUD non formal yang dilaksanakan Pemerintah dan Masyarakat bagi anak usia lahir sampai dengan 6 tahun sebagai pengganti keluarga untuk jangka waktu tertentu bagi anak yang orang tuanya bekerja. 
  2. Kelompok Bermain ( KB ) yaitu Layanan PAUD non formal yang memberikan layanan untuk anak usia 2 sampai 4 tahun yang membantu pertumbuhan dan perkembangan anak agar  bisa memasuki pendidikan lebih lanjut.
  3. Taman Kanak-Kanak ( TK ) yaitu layanan PAUD formal bagi anak usia 4 sampai 6 tahun yang membantu pertumbuhan dan perkembangan anak agar bisa memasuki pendidikan lebih lanjut.
  4. Satuan PAUD Sejenis ( SPS ) merupakan bentuk layanan PAUD non formal selain Taman Penitipan Anak ( TPA ), Kelompok Bermain ( KB ), Taman Kanak-Kanak ( TK ) yang terintegrasi dengan berbagai layanan pendidikan anak usia dini yang telah ada di masyarakat seperti : Posyandu, Bina Keluarga Balita ( BKB ), Taman Pendidikan Al-Qur’an atau layanan terkait lainya dengan usia 0 sampai 6 tahun.

Dengan lebih mengenal berbagai layanan anak usia dini diharapkan orang tua atau masyarakat lebih memahami layanan PAUD dengan berbagai jenjang usia dan dapat memberikan pendidikan sesuai dengan rentang usainya. Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi lebih sehat cerdas dan ceria. 

sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/mengenal-satuan-pendidikan-anak-usia-dini/