(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Mengenalkan Kejujuran kepada Anak Sejak Usia Dini

Admin disdikpora | 20 Juni 2023 | 629 kali

PAUDPEDIA —  Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, mengenalkan kejujuran kepada anak sejak usia dini sangat penting karena kejujuran merupakan nilai dasar dalam kehidupan sosial. Berikut adalah beberapa cara untuk mengenalkan kejujuran kepada anak sejak usia dini.

  1. Menerapkan Pola Asuh Demokratis
    Orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis menanamkan kejujuran kepada anak karena mereka menghargai kejujuran dan tidak membiasakan anak berbohong.
  2. Memberi Contoh yang Baik
    Orang tua, pengasuh, guru, maupun orang dewasa lainnya memberikan contoh kejujuran dalam perilaku sehari-hari. Anak akan meniru perilaku yang dilihat dan dijelaskan oleh mereka.
  3. Berbicara Jujur
    Orang tua, guru, dan pengasuh berbicara jujur pada anak dan menjelaskan pentingnya kejujuran dalam hidup. Anak perlu memahami bahwa kejujuran adalah nilai yang sangat dihargai dalam keluarga dan masyarakat.
  4. Memberikan Penghargaan
    Orang tua, guru, dan pengasuh memberikan penghargaan pada anak ketika mereka berbicara jujur dan terus memberikan dukungan pada saat anak kesulitan untuk berbicara jujur.
  5. Memberitahukan Akibat dari Kebohongan
    Anak perlu mengetahui tentang akibat dari kebohongan dan bahwa kebohongan dapat menyebabkan kehilangan kepercayaan orang lain pada dirinya. Anak diberitahu bahwa kejujuran adalah cara yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah.
  6. Menjaga Komunikasi yang Terbuka
    Orang tua harus selalu membuka komunikasi dengan anak dan memberikan kesempatan pada anak untuk berbicara tentang masalah atau kesulitan yang dialami.
  7. Menggunakan Cerita dan Permainan
    Menanamkan kejujuran pada anak dapat menggunakan cerita, percakapan, dan permainan yang mengajarkan nilai-nilai kejujuran.
  8. Mengajarkan Prinsip-Prinsip Moral
    Orang tua, guru, dan pengasuh mengenalkan prinsip-prinsip moral seperti kejujuran, kepercayaan, dan tanggung jawab pada anak sejak dini. Ini akan membantu anak memahami pentingnya kejujuran dalam kehidupan.
  9. Kenalkan anak pada cerita-cerita yang mengandung kejujuran
    Kenalkan cerita-cerita yang memiliki nilai kejujuran pada anak. Dari cerita tersebut, anak-anak dapat belajar dan memperoleh banyak pelajaran untuk membangun karakterdirinya.

    Mengenalkan kejujuran kepada anak sejak usia dini merupakan investasi jangka panjang dalam pembentukan karakter anak. Dengan memberikan contoh yang baik, memberikan penghargaan pada perilaku jujur, dan menjelaskan pentingnya kejujuran, maka anak akan tumbuh menjadi individu yang jujur dan bertanggung jawab.
Penulis: Felisitas Ndeot
Editor    : Ifina Trimuliana
Kurator: Retno Wulandari
Referensi: 

Endah HendarwatI, S. E., Wahono, W., & Setiawan, A. (2019). The Implementation of Honesty Value in Early Years Children Through Snake and Ladder Media. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(3). 
Tabroni, I., & Nasihah, F. (2023). Training the Honest Character of the Child at Home. Indonesian Journal of Applied and Industrial Sciences (ESA), 2(1), 147-156.