(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Penerapan Teknik Montase Dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Kritis Dan Kreatif Siswa Kelas VII-E Di SMP Negeri 1 Jelbuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019

Admin disdikpora | 29 Maret 2022 | 185 kali

Diterbitkan:10 Desember 2021 20:09
Sumber:Abd.Gintings.2008.Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Humaniora, Hobri. 2010. Model-mo
Penulis:TUTIK WARIDATUL JANNAH
RPP Terkait:Penerapan Teknik Montase materi Kegiatan Ekonomi

“Penerapan Teknik Montase dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Kritis dan Kreatif Siswa Kelas VII-E di SMP Negeri 1 Jelbuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019”

oleh : Tutik Waridatul Jannah

Abstrak : Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menciptakan rasa tertarik peserta didik pada penggunaan Teknik Montase untuk meninggkatan kemampuan mengkritisi masalah dan kreatifitas belajar IPS mereka meningkat pula, khususnya pada materi Kegiatan Ekonomi melalui Penerapan Teknik Montase Dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Komptensi Kritis dan Kreatif Siswa Kelas VII-E di SMP Negeri 1 Jelbu Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Penentuan subyek penelitian menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas VII-E semester genap di SMPN 1 Jelbuk, Jember.

Prosedur penelitian tindakan kelas ini merujuk pada siklus rancangan Kemmis dan Metagart dari Deakin University Australia. Model ini terdiri dari 4 komponen, yaitu perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan kompetensi kritis dan kreatifiatas siswa dari hasil belajar IPS pada materi Kegiatan Ekonomi melalui Penerapan Teknik Montase dalam Model Pembelajaran Discovery Learning. Hal tersebut diindikasikan dari perolehan rata-rata tingkat kritis dan kreatif siswa yang sebelumnya u 81,8 (C) menjadi 86 (B). Sedangkan pencapaian ketuntasan belajar individu sebelumnya 78,5 atau 75% (tidak tuntas secara klasikal) pada siklus I dan pada siklus II sebesar 87 atau 89% (tuntas klasikal) sehingga indikator kinerja penelitian tindakan kelas ini selesai pada siklus II.

Dari hasil penelitian tersebut dapat di rekomendasikan bahwa Penerapan Teknik Montase Dalam Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kreatif Siswa, dapat dijadikan sebagai alternative motode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap suatau materi palajaran sehingga hasil belajar juga bisa ditingkatkan.

Tentang teknis dan bagaimana penerapannya dalam pembelajaran, pembaca dapat membuka dan mengunduh file lengkapnya melalui link di bawah ini, atau jika ada pertanyaan dan masukan yang membangun dapat menghubungi WA Chat 08113621476